Zheng singkirkan Andreescu dan maju ke perempat final Toronto Masters

Jakarta (ANTARA) – Petenis remaja yang sedang menanjak Zheng Qinwen untuk pertama kali maju ke perempat final WTA 1000 dalam karirnya setelah mengatasi harapan Kanada Bianca Andreescu pada Toronto Masters, Kamis waktu setempat.

Menurut laman resmi WTA, Zheng Qinmen yang mengalahkan Andreescu 7-5, 5-7, 6-2, menjadi petenis China pertama yang mencapai perempat final National Bank Open sejak Li Na pada 2013.

Petenis berusia 19 tahun asal China, yang mengawali musim pada peringkat 143 namun menembus Top 50 awal tahun ini itu, mengatasi juara 2019 dan harapan tuan rumah Andreescu hanya dalam waktu kurang dari tiga jam.

“Saya pikir kami berdua, kami memainkan tenis terbaik kami pada set ketiga,” kata Zheng setelah kemenangannya seperti dilansir laman WTA. “Pada akhirnya, saya senang saya bisa melewati tekanan dan memenangi pertandingan ini.

Baca juga: Haddad Maia tundukkan peringkat teratas Swiatek di Toronto Masters

Zheng menghasilkan 28 winner dibanding Andreescu yang melontarkan 16 saat petenis remaja itu mengakhiri delapan kemenangan beruntun Andreescu di Toronto. Dengan kemenangan tersebut, Zheng maju ke perempat final WTA 1000 untuk pertama kali dalam karirnya.

Satu overhead winner memberi Zheng unggul satu set setelah 67 menit. Namun, Andreescu menyamakan kedudukan setelah memperoleh satu-satunya break pada set kedua saat kedudukan 5-5, kemudian melakukan servis untuk menutup set tersebut.

Setelah saling mematahkan servis pada awal set penentuan, Zheng memanfaatkan groundstroke dengan kedalaman yang luar biasa dan penempatan yang baik untuk merebut tiga gim terakhir dalam pertandingan tersebut dan meraih kemenangan atas mantan juara US Open Andreescu.

Zheng selanjutnya akan menghadapi Karolina Pliskova pada perempat final, dalam pertandingan pertama mereka.

“Saya pikir sangat penting bahwa besok saya mampu meningkatkan persentase (servis) dan servis saya,” kata Zheng, menantikan Pliskova. “Besok akan menjadi pertandingan yang sulit, pertandingan yang menarik. Dan saya ingin menantang diri saya sekali lagi.”

Karolina Pliskova mengalahkan unggulan ketiga Maria Sakkari 6-1, 6-7(9), 6-3.

Baca juga: Osaka mundur dari laga pembuka Toronto Masters karena sakit punggung

Baca juga: Bahkan saat menang pun Bencic merasakan aura Serena Williams

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022