Yogyakarta tuan rumah puncak ajang balap sepeda Il Festino Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Yogyakarta bakal menjadi tuan rumah dari puncak rangkaian ajang balap sepeda internasional Il Festino Indonesia pada 25 September 2022.

Technical Team Il Festino Indonesia, Raditya Pram, dalam keterangan tertulis, Kamis, mengatakan pemilihan Yogyakarta sebagai lokasi gelaran tersebut karena memiliki kondisi jalan yang mulus dan kontur elevasi beragam.

“Il Festino Indonesia hadir sebagai event balap amatir dengan tujuan memberikan tantangan baru balap sepeda amatir di Indonesia, dengan aturan yang diadaptasi dari aturan internasional,” kata Raditya.

Dalam pelaksanaannya, Il Festino Indonesia di Yogyakarta akan dibagi menjadi dua kategori yakni Grand Fondo dengan jarak tempuh 130 km dan Medio Fondo dengan jarak tempuh 80 km.

Sepanjang perjalanan, peserta akan disuguhi rute menantang yang dipadukan dengan pemandangan eksotis khas Kota Gudeg. Total elevasi yang ditempuh oleh peserta kurang lebih mencapai 1400m.

Balapan di Yogyakarta ini akan menjadi puncak dari rangkaian Il Festino Indonesia, festival jangka panjang yang akan diselenggarakan dalam durasi 5 bulan di berbagai daerah di Indonesia seperti Toba, Bandung, dan Jakarta.

Ajang ini juga mendapat dukungan hampir seluruh stakeholder dan ekosistem sepeda ternama di Tanah Air. Selain itu juga bekerja sama dengan masyarakat dan komunitas sepeda lokal di Yogyakarta untuk menjadi partner penyedia makanan dan minuman di setiap check point yang dilalui oleh para peserta.

Sejak pendaftaran dibuka, 30 Mei hingga hari ini, sudah ada 400 peserta yang mendaftar.

Peserta Il Festino Indonesia bakal memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah dan winner jersey, Maglia Rossa untuk kategori umum.

Lalu, Maglia Ciclamino untuk kategori Sprint dan Maglia Azzura untuk King/Queen of Mountain dan Maglia Bianca Jersey untuk usia peserta di bawah 23 tahun (Young Riders).

“Selain bekerja sama dengan masyarakat lokal di setiap check point, di Race Central sendiri akan bekerja sama dengan dinas pariwisata daerah, dinas perdagangan, dan juga dinas terkait lainnya untuk dapat menggelar UMKM dan kuliner dari Provinsi Yogyakarta,” kata Raditya.

Baca juga: TX Surabaya Roadbike Challenge 2022 seri kedua kembali digelar

Baca juga: Kapolri dukung atlet kibarkan merah putih di kompetisi internasional

Baca juga: Pesepeda Tiara rela tunda pernikahan demi tampil di SEA Games Vietnam

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022