Yogyakarta jadi tuan rumah turnamen para-badminton internasional 2022

Jakarta (ANTARA) – Yogyakarta bakal menjadi tuan rumah turnamen para-badminton internasional 2022, tepatnya di GOR Among Rogo pada 23-28 Agustus.

Berdasarkan laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), turnamen ini bertajuk FOX’s Indonesia Para Badminton International 2022 dan memiliki grade 2 level 3 dalam kalender BWF.

Deretan bintang para-bulu tangkis Indonesia yang turun di ASEAN Para Games (APG) 2022 dipastikan tampil.

Baca juga: Para-badminton Indonesia sumbang 13 emas ASEAN Para Games 2022

Sebelumnya, pelatih timnas para-badminton Indonesia Yunita Ambar Wulandari kepada ANTARA mengatakan turnamen tersebut sangat dinantikan.

Pasalnya, Indonesia sudah lama tidak menjadi tuan rumah single event para-badminton bertaraf internasional.

“Agenda terdekat setelah ASEAN Para Games 2022, atlet akan turun di kejuaraan internasional di Yogyakarta. Kami menyambut gembira karena ajang internasional lama vakum dan terakhir di Solo, Jawa Tengah pada 2016,” ujar Ambar.

Hal senada juga diungkapkan Subhan, peraih dua emas APG 2022 untuk nomor tunggal putra dan ganda campuran SH6.

Subhan mengatakan ajang di Yogyakarta merupakan kesempatan untuk mengasah diri dalam persiapan menuju gelaran yang lebih tinggi seperti Asian Para Games di China tahun depan.

“Rencana saya akan kembali turun di nomor yang sama dalam kejuaraan di Yogyakarta,” ujar Subhan.

Para-bulu tangkis menjadi cabang olahraga andalan Indonesia di berbagai multievent. Pada ASEAN Para Games 2022 yang bergulir di Edutorium UMS, Solo, Jawa Tengah, pekan lalu, para-bulu tangkis menyumbang 13 medali emas, 9 perak, 8 perunggu.

Indonesia berada di atas Thailand yang meraih 3 emas, 8 perak, 9 perunggu. Sementara Malaysia di posisi ketiga dengan 3 emas, 1 perak, 4 perunggu.

Baca juga: Para-badminton pastikan lampaui target medali ASEAN Para Games 2022

Baca juga: Pebulu tangkis Subhan sumbang dua emas meski persiapan singkat

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022