Verstappen rebut pole sprint race GP Austria, duet Mercedes kecelakaan

Jakarta (ANTARA) – Pemuncak klasemen sementara Formula 1 Max Verstappen mengamankan pole position untuk sprint race Grand Prix Austria ketika duet tim rival Mercedes, Lewis Hamilton dan George Russell, mengalami kecelakaan di kualifikasi, Jumat.

Sang pebalap Red Bull mencetak waktu terbaik satu menit 4,984 detik pada pengujung Q3 di saat para pebalap mencoba memanfaatkan dua menit terakhir menyusul bendera merah di Red Bull Ring.

Hamilton dan Russell kehilangan kendali mobilnya dan menabrak pagar pembatas saat sesi terakhir kualifikasi tersebut.

Telah mengamankan pole sementara, Verstappen kemudian mengalahan pebalap Ferrari Charles Leclerc dengan margin 0,029 detik.

Pebalap Spanyol Carlos Sainz, yang memperoleh kemenangan perdana dalam kariernya di Silverstone pekan lalu, menempatkan Ferrari-nya di P3, terpaut 0,082 detik.

“Sangat lama menunggu di antara dua bagian (kualifikasi),” kata Verstappen setelah mengklaim pole untuk ke-16 kalinya dalam karier dan ketiganya di musim ini.

“Itu tidak baik ketika Anda sedang dalam memiliki ritme, akan menyenangkan apabila terus melaju. Pada akhirnya ini kualifikasi yang sangat ketat.”

Baca juga: GP Austria ideal bagi Verstappen untuk kembali ke jalur kemenangan

Verstappen memimpin klasemen dengan selisih 34 poin dari rekan satu timnya, Sergio Perez, yang akan start P4 tapi sedang diinvestigasi karena diduga melanggar limit lintasan dan berpeluang terkena penalti.

Leclerc di peringkat tiga dengan jarak 43 poin dari puncak. Sang pebalap Monako, yang memimpin klasemen di awal musim, telah enam kali start terdepan musim ini tapi belum menang lagi sejak GP Australia pada April lalu.

“Di lap terakhir saya sedikit kewalahan mengembalikan (performa) ban setelah waktu yang lama di pit tapi Max sedikit lebih cepat,” kata Leclerc.

Mercedes, yang menunjukkan peningkatan kecepatan setelah membawa upgrade di Silverstone, mendapati harapan mereka meraih pole pupus setelah mobil Hamilton kehilangan kendali dan menabrak pembatas di tikungan tujuh.

Russell juga mendapati mobilnya melintir di tikungan 9-10 tak lama berselang.

Hamilton akan start dari P10 sedangkan Russel dari P5.

Baca juga: Statistik Grand Prix Austria

Esteban Ocon membawa Alpine ke P6 di depan duet Haas Kevin Magnussen dan Mick Schumacher. Sedangkan Fernando Alonso di mobil Alpine kedua di P9.

McLaren tampil jeblok saat Daniel Ricciardo tersingkir di Q1 sedangkan rekan satu timnya, Lando Norris, kurang percaya diri dengan pengereman, tersingkir di bagian kedua kualifikasi.

Norris bakal start dari P15 dan Ricciardo di P16.

Aston Martin juga tak bertaji di kualifikasi ketika Sebastian Vettel dan Lance Stroll gagal melewati babak pertama kualifikasi untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Hasil sprint race sepanjang 24 putaran pada Sabtu akan menentukan posisi start GP Austria hari berikutnya.

Akhir pekan ini bakal ada 34 poin total yang diperebutkan pebalap, dibandingkan pada akhir pekan biasa tanpa format sprint sebanyak 26 poin.

Pemenang sprint akan meraup delapan poin.

Baca juga: Tim-tim F1 akan bahas penyesuaian batas anggaran di Austria

Baca juga: F1 setujui penyesuaian batas anggaran berkaca pada inflasi

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022