Verstappen klaim pole GP Kanada, Alonso juga start baris terdepan

Jakarta (ANTARA) – Pemuncak klasemen sementara Max Verstappen menaklukkan sesi kualifikasi di lintasan basah Sirkuit Gilles Villeneuve untuk mengklaim pole position Grand Prix Kanada, diikuti oleh Fernando Alonso yang turut mengamankan posisi di baris terdepan.

Verstappen tak meninggalkan jauh rival-rival terdekatnya saat rekan satu timnya, Sergio Perez mengalami kecelakaan dan akan start dari P13 sedangkan pebalap Ferrari Charles Leclerc mengakhiri catatan empat pole beruntun dengan P19 karena mendapat penalti menyusul pergantian mesin.

“Saya kira balapan nanti tidak akan mudah,” kata Verstappen setelah mengamankan pole keduanya musim ini, dikutip Reuters.

“Tapi hari ini dengan kondisi lintasan yang sulit kami tetap tenang dan tidak membuat kesalahan.”

Baca juga: Leclerc kena penalti di GP Kanada

Baca juga: Penalti tambahan kirim Leclerc start paling belakang di GP Kanada

Dia mencatatkan lap terbaik satu menit 21,299 detik untuk lebih cepat 0,645 detik dari penampilan mengejutkan Alonso.

Pebalap Ferrari Carlos Sainz finis P3 saat trek mulai mengering dan juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton mengamankan P4 untuk Mercedes setelah satu pekan mewarnai pembicaraan soal mobil yang memantul-mantul dan soal keselamatan pebalap.

“Saya sangat senang sekarang,” kata Hamilton setelah mendapati hasil terbaiknya di kualifikasi sejauh musim ini.

“Kecepatan murni kami di kondisi kering masih kalah jauh tapi meraih empat besar di kualifikasi dalam kondisi tersebut (basah) luar biasa.”

Balapan di sirkuit Montreal pada Minggu nanti akan menjadi yang pertama kali sejak 2019 dan awal masa pandemi.

Cuaca diprediksi akan cerah dan kondisi lintasan kering.

Verstappen telah memenangi empat balapan terakhir, sedangkan Red Bull mengejar kemenangan keenam secara beruntun.

Sang pebalap Belanda memimpin klasemen dengan keunggulan 21 poin atas Perez, sedangkan Leclerc terjun ke peringkat tiga dengan jarak 34 poin.

Baca juga: FIA rencanakan perubahan untuk hilangkan “porpoising”

Baca juga: Verstappen kecewa dengan intervensi FIA terkait “porpoising”

Alonso, pebalap tertua di grid, tampil tercepat di sesi latihan terakhir dan balapan Minggu nanti akan menjadi penampilan pertamanya dari baris terdepan sejak 2012 ketika ia meraih pole untuk Ferrari di Jerman.

Sang pebalap Spanyol mengatakan akan menyerang Verstappen menuju tikungan pertama dan berharap memimpin lomba meskipun hanya sementara.

Kevin Magnussen finis P5 untuk tim Haas diikuti rekan satu timnya, Mick Schumacher yang meraih hasil terbaik dalam debutnya di P6.

Esteban Ocon memarkir mobil Alpine kedua di P7 diikuti mobil Mercedes George Russell.

Daniel Ricciardo dan rookie Zhou Guanyu melengkapi sepuluh besar untuk McLaren dan Alfa Romeo.

Sesi kualifikasi sempat tertunda setelah Perez menabrak pembatas Tecpro antara tikungan tiga dan empat dan tak dapat memundurkan mobilnya.

Mobil Red Bull sang pebalap Meksiko harus diangkut dengan crane sementara petugas memperbaiki pagar pembatas yang terhantam.

Perez akan mengawali balapan satu posisi di depan mobil McLaren Lando Norris, yang gagal mencetak waktu di Q2 karena masalah dengan power unit.

Alex Albond dari tim Williams juga menabrak pagar pembatas di tikungan enam namun mampu melanjutkan sesi kualifikasi, kembali ke pit untuk berganti sayap depan, dan finis P12.

Juara dunia empat kali Sebastian Vettel dan mitranya di Aston Martin Lance Stroll asal Kanada gagal menyintas sesi pertama kualifikasi.

Nicholas Latifi menambah hasil buruk bagi pebalap tuan rumah di P19, meskipun sang pebalap tim Williams akan naik posisi start menyusul penalti yang dialami Leclerc.

Baca juga: Statistik Grand Prix Kanada

Baca juga: Melbourne tuan rumah GP Australia hingga 2035


 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022