Tujuh wakil Indonesia melenggang ke babak 16 besar pada hari kedua

Jakarta (ANTARA) – Sebanyak tujuh wakil Indonesia pada turnamen BWF Super 1000 Indonesia Open 2022 mengamankan langkah mereka ke babak 16 besar melalui kemenangan yang diraih mereka pada hari kedua turnamen di Istora Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu.

Dari seluruh nomor, hanya tunggal putri yang gagal mengirimkan wakilnya ke babak 16 besar, demikian laporan BWF menyebutkan dalam laman resminya.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menjadi tiga ganda putra Indonesia yang selamat dari ujian pertama.

Namun pada babak kedua, dipastikan salah satu pasangan akan lengser dari peta persaingan karena akan tercipta pertemuan rekan senegara antara Fajar/Rian dan Bagas/Fikri.

Sementara Pramudya/Yeremia akan menghadapi unggulan keempat Lee Yang/Wang Chi Lin, ganda putra pemenang medali emas Olimpiade Tokyo asal Taiwan.

Baca juga: Bagas/Fikri jumpa Fajar/Rian di 16 besar Indonesia Open

Baca juga: PraYer tantang unggulan keempat di babak kedua Indonesia Open 2022

Namun di balik keberhasilan tim ganda putra, menyisakan kegagalan yang dialami pasangan peringkat ketiga yaitu Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Pasangan berjuluk The Daddies didepak oleh wakil China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi.

Nomor ganda putri akan diwakili Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, yang melewati pertarungan ketat rubber game di babak pertama.

Keberhasilan mereka sayangnya tak bisa diikuti Febby Valencia Dwijayanti Gani/Ribka Sugiarto yang dikalahkan unggulan kedua Lee So Hee/Shin Seung Chan dari Korea Selatan.

Runner-up Indonesia Masters 2022, Apriyani/Fadia sukses melenggang ke babak kedua dengan menundukkan pasangan top Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara dengan skor 21-7, 17-21, 21-17. Sedangkan Febriana/Amalia mencungkil Margot Lambert/Anne Tran dari daftar papan peserta dengan 21-19, 17-21, 21-15.

Baca juga: Kandaskan unggulan Jepang, Apri/Fadia ke babak kedua Indonesia Open

Baca juga: Jojo susul Ginting ke babak 16 besar Indonesia Open 2022

Nasib berbeda dialami dua pemain tunggal putra yaitu Jonatan Christie dan Shesar Hiren Rhustavito yang hanya menyisakan satu wakil melalui babak pertama.

Jonatan mencetak hattrick dengan mengalahkan pebulu tangkis Thailand, Kantaphon Wangcharoen untuk ketiga kalinya secara beruntun. Pada pertemuan di Istora Senayan, Jonatan hanya menghabiskan 42 menit untuk membukukan skor 22-20, 21-8.

Shesar dihentikan oleh Ng Ka Long Angus, pebulu tangkis Hong Kong yang mengunggulinya lewat rubber game 21-17, 11-21, 21-16.

Sedangkan satu-satunya wakil tunggal putri yang tampil hari ini, yaitu Gregoria Mariska Tunjung, dihentikan oleh Phittayaporn Chaiwan pada penampilan partai pertama.

Perjuangan Gregoria disudahi setelah bertanding selama 52 menit dengan tiga gim 21-17, 10-21, 21-12.

Lalu satu nomor lainnya ialah ganda campuran yang diwakili pasangan non-pelatnas yaitu Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, yang memastikan laju positifnya setelah menundukkan Adam Hall/Julie Macpherson.

Unggulan kelima menuntaskan pertandingan berdurasi 30 menit kontra wakil Skotlandia dengan skor 21-6, 21-18.

Baca juga: Ahsan/Hendra terhenti pada babak pertama Indonesia Open

Baca juga: Gregoria Mariska kandas pada babak pertama Indonesia Open 2022

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022