Toyota juarai 24 Hours of Le Mans untuk kelima kalinya secara beruntun

Jakarta (ANTARA) – Toyota memenangi balap ketahanan 24 Hours of Le Mans untuk kelima kalinya secara beruntun pada Minggu saat pebalap Selandia Baru Brendon Hartley melintasi garis finis untuk meraih hattrick kemenangan.

Pebalap Swiss Sebastien Buemi, sekarang menyandang status empat kali juara Le Mans, dan debutan asal Jepang Ryo Hirakawa turut serta melakukan selebrasi kemenangan setelah bergantian mengemudikan mobil GR010 hypercar hybrid bernomor delapan.

Mobil Toyota nomor tujuh, dikendarai oleh juara tahun lalu Mike Conway asal Inggris, Kamui Kobayashi asal Jepang dan Jose Maria Lopez dari Argentina, sesuai prediksi membantu pabrikan Jepang itu finis 1-2 di Sirkuit La Sarthe.

Mobil Glickenhaus Racing nomor 709 yang dipiloti Richard Westbrook asal Inggris, Franck Mailleux (Prancis), dan Ryan Briscoe (AS) melengkapi podium, namun mereka seakan berada di level yang berbeda dari Toyota yang tak tiada tanding.

Hartley menjuarai Le Mans pada 2017 dengan Porsche dan pada 2020 bersama Toyota ketika ia mengisi bangku yang ditinggalkan juara dunia Formula 1 dua kali Fernando Alonso, setelah sang pebalap Spanyol meraih dua titel di Le Mans.

Buemi meraih keempat kemenangannya itu bersama pabrikan Jepang tersebut.

“Kecuali jika saya mengganti mobil, saya tidak akan dapat mengejarnya,” kelakar Hartley, yang meraih pole position, seperti dikutip Reuters.

Baca juga: Pierson siap debut sebagai pebalap termuda di Le Mans 24 Hours

Toyota menjadi satu-satunya pabrikan besar yang bertarung di kelas hypercar yang diikuti lima mobil saja, situasi yang akan berubah tahun depan ketika Peugeot, Ferrari, Porsche, dan Cadillac siap meramaikan kompetisi di kelas paling bergengsi itu.

Kedua mobil Toyota bergantian memimpin lomba dan dipisahkan hanya beberapa detik pada 16 jam pertama sebelum terkena masalah teknis.

Lopez melaju pelan di Arnage pada lap 256 karena unit generator motornya membutuhkan penyetelan ulang di pinggir lintasan sebelum ia kembali ke garasi untuk pitstop selama lebih dari tiga menit, yang ternyata menjadi momen penentu di balapan tersebut.

Sang pebalap Argentina kemudian mengalami ban bocor dan kehilangan lebih banyak waktu.

Mobil Jota LMP2 nomor 38 yang dikendarai Antonio Felix da Costa (Portugal), Will Steven (Inggris) dan Roberto Gonzalez (Meksiko) menjadi pemenang di tier kedua.

Balapan yang pertama kali digelar pada 1923 dan sekarang melakoni edisi ke-90 itu start dengan kondisi cuaca cerah dengan 62 mobil yang disambut riuh 244.200 penonton yang hadir kembali di sirkuit menyusul pelonggaran pembatasan COVID-19.

Pebalap Amerika Serikat Josh Pierson mencetak sejarah sebagai debutan serta finisher termuda, menyelesaikan balapan di peringkat ke-10 di kategori LMP2 bersama United Autosports.

Aktor Michael Fassbender juga berpartisipasi di balik kemudi Porsche 911.

Keseluruhan peserta menggunakan bahan bakar 100 persen terbarukan untuk pertama kalinya di ajang tersebut.

Baca juga: Toyota juara 24 Hours of Le Mans untuk keempat kalinya secara beruntun

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022