Timnas basket putra Indonesia raih kemenangan kedua di SEA Games

Jakarta (ANTARA) – Timnas basket putra Indonesia meraih kemenangan kedua di ajang SEA Games 2021 setelah mengalahkan Thailand pada laga di Thanh Tri Gymnasium, Vietnam, Rabu, dengan skor 78-75.

Pada laga perdana pesta olahraga dua tahunan tersebut, Brandon Jawato dan kawan-kawan sukses mengalahkan Malaysia lewat perpanjangan waktu dengan skor akhir 95-95.

“Ini kemenangan sangat berarti karena setiap kemenangan adalah sesuatu yang sangat penting bagi timnas dengan sistem round robin,” kata Asisten Manajer timnas basket Indonesia Ferri Jufry dalam keterangan resminya.

Meski meraih dua kemenangan beruntun, Ferri Jufry berharap hasil tersebut tidak membuat timnas terlena karena jadwal padat telah menunggu.

“Semua komponen tim harus tetap fokus dalam setiap laga. Pemain harus tetap fight melawan tim manapun. Dalam setiap pertandingan kami, timnas, ingin memberikan hasil yang terbaik bagi semua masyarakat Indonesia,” katanya menambahkan.

Laga timnas melawan Thailand memang berlangsung ketat sejak kuarter pertama. Bahkan anak asuh Milos Pejic mampu unggul 19-13. Hanya saja penampilan Abraham Damar Grahita kurang konsisten di kuarter kedua dan bahkan sang lawan mampu berbalik unggul 28-25, namun mampu mengakhiri babak pertama dengan skor 31-31.

Memasuki kuarter ketiga, kedua tim saling kejar-mengejar dalam perolehan poin dan bahkan Thailand tampil solid hingga membuat kedudukan sama kuat 35-35. Namun Derrick Michael terus tampil percaya diri dan mengakhiri kuarter tiga dengan 57-51.

Di kuarter empat, Thailand mencoba bangkit dan sukses menekan Indonesia. Bahkan Antonio Price Soonthornchote dan kawan-kawan mampu berbalik unggul 65-64. Pelan tapi pasti akhirnya timnas Merah Putih mampu mengejar ketertinggalan dan mampu mengakhiri laga dengan kemenangan 78-75.

Brandon Jawato kembali menjadi pencetak poin terbanyak bagi Indonesia dengan raihan 21 angka dan 13 rebound, disusul Andakara Prastawa yang kembali berkontribusi dari tembakan tiga angka dengan persentase 80% dan mendulang 16 poin.

Adapun pemain lainnya yang mencetak double digit angka adalah Derrick Michael Xzavierro dengan 16 poin dan 13 rebound serta Abraham Damar Grahita (11 poin).

Pada laga selanjutnya, Timnas basket putra Indonesia akan menghadapi Kamboja (19/5), Singapura (20/5), Vietnam (21/5), dan pada laga terakhir akan menghadapi tim kuat, Filipina (22/5).

Baca juga: Milos Pejic cukup puas dengan penampilan timnas basket di laga pembuka

Baca juga: Timnas basket menang overtime atas Malaysia pada laga pembuka

Baca juga: Derrick Michael lebih percaya diri tampil bersama timnas basket


Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2022