Tim catur rapid putri Indonesia pastikan raih emas SEA Games 2021

Jakarta (ANTARA) – Tim catur rapid putri Indonesia memastikan meraih medali emas SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, setelah menang perhitungan Tiebreak (TB) 2 dari tuan rumah Vietnam.

Pada babak kelima catur cepat tim putri yang berlangsung di Gedung Quang Ninh Exhibition Center, Halong City, Vietnam, Kamis, Indonesia yang menurunkan IM Medina Warda Aulia dan WIM Ummi Fisabilillah, menang 1,5 – 0,5 dari Thailand sehingga total poin yang dicapai menjadi 6,0.

Dengan demikian, Indonesia bisa menyamai total poin yang didapat Vietnam yang pada babak terakhir menang mutlak 2-0 atas Malaysia.

Baca juga: Tim catur rapid putri Indonesia buka peluang emas SEA Games Vietnam

Dengan jumlah total poin yang sama, maka pemenang ditentukan melalui TB2 yang memakai perhitungan tim pemenang mendapat nilai 2, seri 1, dan kalah 0.

Dalam 4 babak yang dimainkan dengan sistem round robin, duet Medina dan Umi mencatat 3 kemenangan dan sekali seri saat menghadapi Filipina, sehingga total TB2 Indonesia adalah 7. Adapun, Vietnam mencatat 3 kemenangan dan sekali kekalahan dari Indonesia di babak kedua.

Saat menghadapi Thailand, Indonesia mengambil satu poin berkat kemenangan Medina atas WFM Sarocha Chuemsakul dan tambahan 0,5 poin dari hasil remis WIM Ummi Fisabilillah dengan CM Melita Sunan Buhagiar.

Dengan tambahan satu emas dari catur cepat putri, tim catur Indonesia sudah menyumbang total dua emas, setelah pada nomor catur standar, WIM Dewi AA Citra tampil sebagai yang terbaik.

Tim catur juga sudah menyumbangkan dua perak melalui IM Irene Kharisma Sukandar pada nomor standar putri dan IM Mohamad Ervan pada standar putra, sedangkan perunggu dipersembahkan GM Susanto Megaranti pada nomor catur cepat perseorangan putra.

Baca juga: Selain emas, catur klasik juga bawa pulang dua perak SEA Games 2021

Baca juga: Klasemen SEA Games: Catur buka kran emas, Indonesia di posisi tiga

Baca juga: Citra raih emas dan gelar WGM di hari ulang tahunnya

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022