Tim basket Indonesia rebut perunggu setelah kalahkan Kamboja 9-5

Solo (ANTARA) – Tim putra Indonesia merebut medali perunggu setelah mengalahkan Kamboja dengan skor 9-5 dalam pertandingan perebutan peringkat ketiga cabang bola basket kursi roda ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di GOR Sritex Arena Solo, Jawa Tengah, Minggu petang.

Tim bola basket Indonesia bermain penuh semangat sehingga I Komang Suparta dan kawan-kawan sering menghasilkan poin untuk timnya.

Kamboja pada menit awal menghasilkan 2 poin sedangkan Indonesia masih nol. Namun, Suparta, Kasep Ayatulloh, dan Ivo Shadan yang bermain solid mampu menyamakan poin menjadi 2-2.

Bahkan, tim basket Indonesia dari tembakan-tembakan ke ring banyak yang menghasilkan poin sehingga kedudukan menjadi 9-3 untuk tim tuan rumah. Indonesia akhirnya mampu unggul 9-5 hingga menit terakhir.

Indonesia menempati peringkat ketiga yang berhak atas medali perunggu. Medali emas direbut Thailand setelah mengalahkan Filipina skor 22-12.

Baca juga: Tim basket putra Indonesia masih berpeluang raih perunggu

Pemain Bola Basket kursi roda Indonesia I Komang Suparta merasa bangga dapat menyumbangkan perunggu untuk Indonesia. Indonesia pada pertandingan pertama dikalahkan Kamboja. Namun, pada perebutan peringkat ketiga dibalas Indonesia.

“Indonesia bisa mengalahkan Kamboja berkat teman-teman bermain solid dan lebih tenang sehingga tembakannya banyak yang menghasilkan poin,” kata Suparta yang menyumbangkan empat poin untuk timnya.

Pelatih tim bola basket kursi roda putra Indonesia Fajar Brillianto mengatakan para pemainnya bermain lebih tenang dan telah diberikan motivasi untuk bermain maksimal untuk memenangkan pertandingan terakhir melawan Kamboja.

“Saya tahu kemampuan teman-teman belum dikeluarkan semua baru 60 persen. Jika bisa keluar 100 persen akan berbeda lagi. Teman-teman memang kurang jam terbang untuk melakukan try out ke mana-mana, sehingga timnya masih di bawah Thailand,” katanya.

Dia mengakui Tim Indonesia memang kurang melakukan laga ke luar negeri. Dia akan mengusahakan timnya agar banyak bertanding ke luar negeri agar lebih punya pengalaman.

Sementara itu, tim putri Kamboja mendapatkan emas setelah secara mengejutkan pada babak final mengalahkan Thailand dengan skor 7-5. Thailand menempati urutan kedua mendapatkan medali perak, sementara perunggu diraih Laos setelah pada perebutan peringkat ketiga mengalahkan Filipina 4-0.

Baca juga: Tim basket kursi roda putra Indonesia alami kekalahan kedua

Baca juga: Indonesia kalah 10-15 oleh Filipina dalam basket kursi roda APG 2022

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022