Sukses gunakan anggaran terbatas, Menpora diapresiasi Komisi X

Jakarta (ANTARA) – Komisi X DPR RI mengapresiasi langkah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang sukses mendukung Kontingen Indonesia meraih prestasi di SEA Games Vietnam meski dengan anggaran terbatas dan untuk itu pihak wakil rakyat mendorong anggaran Kemenpora dinaikkan.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada Menpora Zainudin Amali. Dengan dana yang sangat terbatas tetapi masih menorehkan prestasi di SEA Games 2021 Vietnam,” kata Anggota Komisi X dari Fraksi PDIP, Sofyan Tan seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora di Jakarta, Jumat.

Berdasarkan rapat kerja Komisi X dengan Menpora Zainudin Amali yang membahas RKA-K/L Kemenpora 2023 di ruang rapat Komisi X DPR, Gedung Nusantara I, rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Kemenpora tahun 2023, pagu indikator hanya sebesar Rp.1.665.093.157.000.

Baca juga: Menpora sebut hasil SEA Games Vietnam sesuai harapan Presiden dan DBON

Menurut Sofyan Tan, kekurangan anggaran seharusnya tidak boleh terjadi karena dikhawatirkan akan menyebabkan prestasi olahraga Indonesia menurun. Di sisi lain, penerapan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dinilai tepat dan diharapkan dipertahankan menjadi dasar menuju prestasi olahraga yang gemilang ke depan.

Fraksi PDIP, lanjut Sofyan, mendukung dan siap memperjuangkan usulan tambahan anggaran Kemenpora untuk sejumlah event yang Indonesia menjadi tuan rumah pada 2023, namun dana belum masuk dalam pagu indikator RKA-K/L tahun 2023.

“Fraksi PDIP memberikan dukungan untuk diperjuangkan lebih lanjut dan kami akan perjuangkan tambahan anggaran Rp 3 Triliun ini akan bisa terwujud,” katanya menambahkan.

Baca juga: Menpora: SEA Games 2021 bekal dalam persiapan menuju Olimpiade Paris

Begitu juga dengan pendapat Anggota Komisi X lainnya Ratih Megasari Singkarru. Legislator asal daerah pemilihan Sulawesi Barat ini mengaku dukungan penambahan anggaran Kemenpora memang harus dilakukan.

“Kami juga akan berjuang agar Kemenpora bisa ditingkatkan anggarannya di Badan Anggaran DPR,” katanya.

Pernyataan yang sama juga disampaikan Anggota Komisi X dari Fraksi Golkar, Mujib Rohmat. Menurut dia, prestasi atlet Indonesia terutama di ajang internasional harus ditingkatkan sesuai dengan tahapan yang diprogramkan.

“Kesimpulan saya DBON kita memang on right track, itu sudah betul dan kalau dilaksanakan dan diikuti dengan anggaran yang cukup memadai saya yakin prestasi semakin hari semakin baik,” katanya.

Kontingen Indonesia pada SEA Games Vietnam terbilang sukses meski berangkat serba terbatas yakni jumlah atlet lebih sedikit dibandingkan kejuaraan yang sama sebelumnya. Namun secara prestasi mampu finis diperingkat tiga klasemen umum sesuai dengan target Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Komisi X minta Menpora tingkatkan penerapan DBON usai sukses SEA Games

Baca juga: PB WI-KBI sampaikan apresiasi ke Menpora atas dukungan di SEA Games

Baca juga: Nominal bonus peraih medali SEA Games tak berubah

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022