Staf Khusus Wapres gelar FGD bahas Desain Besar Olahraga Nasional

Pengembangan aspek industri dan bisnis juga menjadi agenda pembahasan.

Jakarta (ANTARA) – Staf Khusus Wapres Arif Rahman menggelar focus group discussion (FGD) bertajuk Dorong Kemandirian Olahraga Melalui Industri, sebagai Implementasi dari Desain Besar Olahraga Nasional di Tangerang Selatan, Banten, Kamis, untuk membahas Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

FGD secara khusus, kata Arif Rahman, membahas keterkaitan olahraga dengan industri, gaya hidup, dan perhelatan keolahragaan untuk mendorong tumbuhnya industri olahraga dalam implementasi DBON.

“Pengembangan aspek industri dan bisnis juga menjadi agenda pembahasan sehingga industri olahraga dapat bernilai tinggi sekaligus sesuai dengan keinginan pasar. Nilai tinggi inilah nantinya yang dapat menjadi cerminan dari kualitas dan prestasi atlet, klub, tim nasional, dan perhelatan olahraga,” kata Arif dalam siaran persnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam sambutannya pada FGD tersebut memaparkan berbagai tantangan industri olahraga, mulai dari segi anggaran, regulasi, data pendukung, hingga ketergantungan pada impor peralatan olahraga.

Adapun pakar industri olahraga Hasani Abdulgani menekankan pentingnya pengembangan sport tourism untuk menarik wisatawan asing. Hal ini  dapat dilakukan melalui penyelenggaraan perhelatan olahraga besar, seperti Asian Games, Moto GP Mandalika, serta perhelatan yang akan dilakukan ke depan seperti FIFA World Cup U-20 2023 dan FIBA World Cup 2023.

Untuk mendukung hal tersebut, Hasani mengatakan bahwa Pemerintah harus menciptakan regulasi-regulasi yang mendukung pengembangan investasi dalam industri keolahragaan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) untuk merancang ulang ekosistem olahraga nasional guna mencetak atlet-atlet yang mampu berprestasi, baik di dalam negeri maupun kancah internasional.

Sesuai dengan amanat pada perpres tersebut, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin selaku Ketua Tim Koordinasi Pusat DBON meminta seluruh pihak terkait agar dapat bekerja sama menyusun desain keolahragaan yang terarah, sistematis, dan berkelanjutan yang meliputi berbagai aspek untuk memajukan olahraga nasional.

Wapres juga meminta desain tersebut ada dalam sebuah peta jalan implementasi DBON.

Baca juga: Presiden Jokowi minta Menpora konsisten terapkan DBON

Baca juga: Kemenpora gandeng swasta gelar Festival Olahraga Usia Dini 2022

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2022