Sembilan pecatur Indonesia berlaga di Olimpiade Catur 2022

Jakarta (ANTARA) – Sembilan pecatur Indonesia berlaga di Olimpiade Catur ke-44 2022, yang diselenggarakan di Chennai, India, pada 26 Juli hingga 10 Agustus 2022.

Para atlet yang terpilih mewakili Indonesia di kejuaraan catur paling bergengsi itu antara lain dari tim putra GM Susanto Megaranto, GM Novendra Priasmoro, FM Muhamad Agus Kurniawan, IM Mohamad Ervan dan IM Yoseph Theolifus Taher.

Sementara tim putri diwakili oleh WGM Irine Kharisma Sukandar, WGM Medina Warda Aulia, Fariha Mariroh dan WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra.

Dalam keterangan tertulis dikutip Selasa, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) GM Utut Adianto berharap para atlet dapat memperbaiki peringkat timnas catur Indonesia, baik di kelompok putra maupun putri.

Per Juli 2022, tim catur putra Indonesia berada di peringkat ke-57 dari 155 negara anggota FIDE (Federation Internationale des Echecs) atau Federasi Catur Dunia, sedangkan tim putri berada di urutan ke-32 dari 111 negara.

Peringkat bagi tiap tim atau negara didapatkan berdasarkan rata-rata rating catur standar dari 10 pemain aktif dengan rating tertinggi di tiap kelompok putra/putri.

Sembilan atlet yang berlaga tersebut didampingi manajer tim Kristianus Liem, kapten tim putra Rudijanto Majela, kapten tim putri Lisa Lumondong, serta dua orang pelatih yaitu Ruslan Scherbakov dan Andrei Kovalev, juga seorang pendamping Sean Winshand Cuhendi.

Keseluruhan kontingen Indonesia yang berangkat ke Chennai kali ini adalah 15 orang.

Sebagai tuan rumah Olimpiade Catur 2022, India dikenal sebagai tempat lahirnya banyak pecatur handal. Satu di antaranya adalah juara dunia lima kali Viswanathan Anan. Bahkan, saat ini India tercatat sebagai negara dengan pemain catur terbanyak.

Baca juga: Trio pecatur Bekasi tampil di Olimpiade Catur 2022

Baca juga: WIM Chelsie fokus ke Olimpiade Catur 2022 di India usai SEA Games 2021

Baca juga: Pecatur Indonesia Adit dan Jodi tambah rating usai tampil di Vietnam

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022