Sean Gelael dkk awali balapan di Sirkuit Monza dari posisi delapan

Jakarta (ANTARA) – Pebalap Indonesia Sean Gelael bersama Robin Frinjs dan Rene Rast akan mengawali balapan ketahanan dengan tajuk “6 Hours of Monza” di Sirkuit Monza, Italia, Minggu, dari posisi delapan meski segala upaya telah dilakukan saat kualifikasi.

Membaiknya performa WRT #31 dari sesi ke sesi sayangnya mesti berakhir dengan hal tak diinginkan. Robin Frinjs dan semua di kubu tim Belgia ini pun kecewa karena tak mampu mengoptimalkan potensi.

Pada Free Practice (FP) 3 trio pebalap tim WRT #31 berdasarkan data resmi dari tim yang diterima media berada di P2 alias satu posisi lebih baik dari FP2. Cuaca panas Sirkuit Monza menjadi tantangan semua tim, tapi WRT #31 merasa siap di babak kualifikasi.

Babak penentuan posisi start untuk kelas Hypercar dan LMP2 itu berlangsung selama 10 menit pada Sabtu (9/7). Dan usaha pertama WRT #31 yang diwakili Robin menempatkan mereka di posisi enam.

Robin pun masuk pit untuk mengganti ban baru. Tujuannya tentu saja untuk mempertajam catatan waktunya sekaligus menaikkan posisi. Namun sayang, ketika memulai usaha perbaikan waktu tersebut mobil tim baru di kelas Hypercar, Peugeot #93 yang dikemudikan Mikkel Jensen terhenti di trek.

Red flag pun dikibarkan. Dan karena sisa waktu yang ada ketika sesi dihentikan adalah 1 menit 35 detik, artinya tidak cukup bagi siapa pun untuk membuat usaha perbaikan waktu kalau sesi dilanjutkan, babak kualifikasi itu dianggap selesai.

Tim United Autosports USA #22 lewat pebalap Filipe Albuquerque meraih pole position di kelas LMP2. Sementara itu WRT #31 mesti puas di P8.

“Sesi yang membuat frustrasi, karena tak ada kesempatan membuat lap time bagus,” kata Robin.

Walau kecewa, namun kubu WRT #31 juga tidak terlalu khawatir. Ini karena rival dalam perburuan gelar juga terperosok di posis bawah. JOTA #38 ada di posisi 11, sementara United Autosports USA #23 di P14. Satu rival yang ada di atas WRT #31 adalah Prema Orlen #9 yang meraih P6.

“Kondisi ini memang tidak ideal, P8, tapi liat kondisi di balapan nanti. Masih ada waktu untuk menenangkan diri,” kata Sean Gelael.

Perjuangan Sean Gelael dan WRT #31 bisa sama-sama disaksikan dalam acara Nobar (nonton bareng) #KFCMonzaWEC di Naughty by Nature Senopati dan KFC Kemang Timur Jakarta, juga KFC Ahmad Yani dan KFC Aditywarman Surabaya, serta KFC Titi Kuning Medan.

Seri keempat FIA WEC, 6 Hours of Monza, di Italia disiarkan langsung oleh kanal youtube KUY! Entertainment dan www.sean-gelael.com pada Minggu dengan start pukul 17.00 WIB.

Baca juga: Bos WRT minta Sean Gelael dkk fokus pada balapan ketahanan tersisa

Baca juga: Team WRT #31 bertekad bangkit usai minim poin di Le Mans

Baca juga: Nyck De Vries main ke rumah Sean Gelael jelang balapan Jakarta E-Prix

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2022