RRQ Hoshi kalah dari RSG PH pada final MSC 2022

Jakarta (ANTARA) – Wakil Indonesia RRQ Hoshi gagal membawa pulang gelar juara Mobile Legends: Bang-Bang Southeast Asia Cup (MSC) 2022 setelah kalah dari wakil Filipina RSG PH dalam Grand Final, Minggu.

Pada pertandingan yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, dan disiarkan secara langsung dalam  laman YouTube Mobile Legends, RRQ Hoshi kalah 0-4 dari RSG PH yang membalas kekalahan mereka pada pertandingan sebelumnya pada final upper bracket, Sabtu.

Berlangsung dalam format best of seven untuk menentukan pemenang dari tujuh gim, RRQ Hoshi menggunakan line up sama seperti pertandingan sebelumnya yaitu Alberttt, R7, Vyn, Clayyy dan Skylar, tanpa kehadiran Lemon, sementara RSG PH menurunkan line up Nathzz, Light Emann, Aqua dan Demonkite.

Pertarungan gim pertama diawali dengan RSG PH yang mendapatkan poin kill pertama pada menit awal pertandingan. Namun, RRQ Hoshi membalas dengan menyusul jumlah poin kill untuk unggul pada awal gim.

Keberhasilan R7 menumbangkan Demonkite menjadi langkah awal RRQ Hoshi menyerang base RSG PH untuk menghancurkan satu turret. RRQ Hoshi melakoni tarik ulur gim dengan unggul 7.000 gold pada menit ke-12, sementara RSG PH masih mencoba mencari celah.

Namun, keadaan menjadi terbalik pada pertarungan menit ke-17 ketika RRQ Hoshi gagal menyelesaikan gim pada base RSG PH. Tim Filipina tersebut bangkit pada menit ke-20 saat berhasil mendapatkan lord ketiga dan menyisakan dua pemain RRQ Hoshi, Vyn dan Skylar.

Baca juga: RRQ Hoshi amankan slot upper bracket MSC 2022

Turret RRQ Hoshi satu per satu diruntuhkan sementara RSG PH semakin bersatu padu dalam mendapatkan lord keempat yang membantu menggempur pertahanan lawan.

Clayyy, yang menjadi pemain terakhir RRQ Hoshi yang tersisa di base akhirnya tumbang tidak dapat menahan serangan RSG PH yang melakukan sapu bersih pemain dan akhirnya menguasai base pada menit ke-28 untuk mendapatkan gim pertama.

Gim kedua dimulai dengan RSG PH kembali mendapatkan poin kill pertama, tetapi perlawanan dilancarkan RRQ Hoshi dengan Alberttt berhasil menculik dua punggawa RSG PH.

Permainan semakin memanas memasuki pertengahan gim ketika pertukaran darah terjadi, tetappi  kondisi menjadi sulit bagi RRQ Hoshi ketika harus kehilangan tiga pemain saat mengamankan lord kedua.

RRQ Hoshi kembali menyelamatkan lord ketiga, namun lagi-lagi RSG PH berkumpul di base dengan pertahanannya RRQ Hoshi tidak dapat menghancurkan satu turret pun.

Munculnya lord kelima menjadi awal pertarungan yang tak tertahankan bagi RRQ Hoshi ketika harus kehilangan tiga pemain. Alberttt dan Vyn tidak dapat mempertahankan base mereka yang membuat RSG PH lagi-lagi melakukan sapu bersih untuk kemenangan kedua 2-0 pada menit ke-25.

Baca juga: RRQ Hoshi menuju Grand Final MSC 2022 usai kalahkan wakil Filipina

Perlawanan sengit

Gim ketiga menjadi momen perjuangan RRQ Hoshi dalam mendapatkan angka terbukti dengan durasi permainan yang berlangsung hampir setengah jam.

RSG PH membuka gim ketiga dengan mengamankan turtle pertama. Namun, RRQ Hoshi berhasil mendapatkan poin kill pertama dengan mencuri Nathzz meskipun harus kehilangan Vyn setelah itu.

Turtle kedua kembali menjadi milik RSG PH, demikian pula dengan turtle ketiga yang diamankan Demonkite. Meski begitu, RRQ Hoshi mendapatkan lord pertama diikuti Clayyy yang mencuri Emann dan Light.

Melakukan perlawanan, RSG PH mengamankan lord kedua untuk mencoba menggempur pertahanan RRQ Hoshi. Pertarungan terjadi ketika lord ketiga muncul saat dua pemain RSG PH tumbang dan lord jatuh ke tangan RRQ Hoshi yang menjadi momen tim Indonesia melakukan serangan balik.

RRQ Hoshi tidak dapat menggempur pertahanan RSG PH. Lord keempat muncul dan didapatkan RRQ Hoshi, namun keberhasilan tersebut harus dibayar dengan pertarungan sengit ketika RSG PH  menumbangkan satu per satu pemain RRQ Hoshi, dimulai dari Vyn, R7, Clayyy, Skylar dan hanya menyisakan Alberttt.

RSG PH kemudian memecahkan turret di base, namun memilih bermain sabar dengan kembali mundur. Mendapatkan lord kelima menjadi momen RSG PH untuk kembali menggempur base RRQ Hoshi dan mendapatkan turret.

Baca juga: RRQ Hoshi lolos ke babak playoff MSC 2022

Berhasil mengkontrol tempo permainan, RSG PH akhirnya menuntaskan base RRQ Hoshi dengan menumbangkan Alberttt, R7, Skylar, dan menyisakan Clayyy yang akhirnya tak mampu bertahan. RSG PH berhasil mendapatkan gim ketiga dengan kedudukan 3-0.

Gim keempat RRQ Hoshi bermain tidak teratur. Tekanan untuk mengejar skor membuat mereka bermain terburu-buru yang justru berakibat banyak kehilangan poin kill.

Di sisi lain, RSG PH bermain dengan tanpa beban sehingga mampu mengatur ritme permainan yang membuat RRQ Hoshi masuk jebakan mereka. Hal itu terlihat pada awal gim saat RSG PH mendominasi dari segi jumlah gold dan poin kill.

Kekalahan RRQ Hoshi sudah terlihat ketika Alberttt dan kawan-kawan gagal mengamankan lord pertama dan kedua. Momen Vyn tercuri pada menit ke-15 menjadi kuci kemenangan RSG PH untuk menggempur base RRQ Hoshi.

Pola sama terjadi pada gim-gim sebelumnya terulang kembali pada gim keempat ketika Alberttt, Vyn, R7 dan Skylar tumbang. Clayyy yang lagi-lagi menjadi penghuni terakhir tidak dapat menahan serangan dan terpaksa merelakan base ke tangan RSG PH.

RSG PH berhasil mendapatkan gelar juara MSC 2022 dengan empat poin 4-0 atas RRQ Hoshi.

Baca juga: RRQ Hoshi ke final upper bracket MSC 2022 usai tekuk wakil Malaysia

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022