Rowland terdepan di latihan bebas pertama jelang Jakarta E-Prix

Jakarta (ANTARA) – Pembalap Mahindra Racing Oliver Rowland melesat ke urutan pertama dalam latihan bebas pertama atau Free Practice 1 menjelang Jakarta E-Prix di Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC), Sabtu pagi.

Rowland berada di puncak dengan putaran 250kW 1m08.433s tenaga penuh cukup untuk mengungguli Sebastian Buemi dari Nissan e.dams dengan 0,090 detik.

Pebalap kelas dunia Formula E memasuki lintasan dengan bermandikan cahaya matahari yang terbit di Pantai Ancol dengan suhu sekitar 28 derajat celcius.

Baca juga: Formula E Jakarta dijadikan Bank Artha Graha untuk ekspansi

Baca juga: Ketua Pelaksana Formula E Jakarta borong tiket lebih dari Rp1 miliar

Rowland melaju di akhir sesi dengan Buemi berada tepat dibelakangnya di akhir sesi. Sementara, Lucas di Grassi dari ROKiT Venturi Racing berhasil menempati urutan ketiga dengan hanya spersepuluh detik di belakang Buemi.

Jake Dennis dari Avalanche Andretti berada di urutan keempat, dengan Jean-Eric Vergne dari DS TECHEETAH berada di urutan kelima dan Mitch Evans dari Jaguar TCS Racing keenam.

Sirkuit telah dirancang dengan trek menikung dengan belokan khas sirkuit jalanan, serta bagian trek lurus di mana ketenangan dan keseimbangan menjadi kuncinya.

Trek baru itu menimbulkan banyak tantangan di lapangan. Dari kamera para pebalap tampak lapisan debu menyelimuti sirkuit. Dalam laman resmi Formula E disebutkan bahwa debu menyelimuti sirkuit sejak terakhir kali disapu, dengan pasir dari Pantai Ancol di dekatnya kemungkinan menjadi penyebabnya.

Hal itu membuat para pebalap berjuang keras untuk menurunkan daya saat mereka mempelajari bagaimana dan di mana untuk mengekstraksi seperseratus detik dan memiliki beberapa momen penting.

Jakarta E-Prix 2022, yang merupakan seri kesembilan Formula E, akan memanas dengan pertarungan sengit para pebalap yang berebut podium. Mereka memulai rangkaian jadwal yang padat pada Sabtu pagi dengan pemeriksaan medis oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Para pebalap dijadwalkan memulai latihan bebas sebanyak dua kali sesi pada pagi hari, yang akan dilanjutkan dengan kualifikasi dengan pada siang hari, dengan puncak balapan akan berlangsung pada pukul 15.04WIB.

Baca juga: Jakarta E-Prix bukti komitmen tuan rumah menuju kota ramah lingkungan

Baca juga: Nyck De Vries main ke rumah Sean Gelael jelang balapan Jakarta E-Prix

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022