Romain Bardet pastikan tampil di Tour de France 2022

Jakarta (ANTARA) – Romain Bardet memastikan tampil dalam balap sepeda paling bergengsi di dunia Tour de France 2022 yang dijadwalkan bergulir pada 1-24 Juli.

Sebelumnya pebalap sepeda DSM itu terpaksa mundur dalam etape 13 Grand Tour Giro d’Italia pada 6-29 Mei 2022 karena sakit, padahal ketika itu dia berada pada posisi keempat klasifikasi umum.

“Sangat bersemangat untuk mengumumkan bahwa saya akan berbaris di @LeTour dengan @TeamDSM,” kata Bardet dalam akun resmi Instagram, Senin.

Ini akan menjadi penampilan pertamanya dalam Tour de France dengan seragam DSM. Pada 2021, Bardet yang baru bergabung dengan DSM, absen mengikuti Tour de France dan memilih tampil di Giro d’Italia dan Vuelta a Espana.

Awal tahun ini dia juga mengisyaratkan bakal tampil dalam dua ajang Grand Tour, namun dia belum menyebutkan secara pasti ajang mana saja yang diikutinya.

Baca juga: Zaenal Fanani bakal bersaing pada seri Piala Dunia Balap Sepeda 2022


Bardet adalah salah satu pebalap sepeda yang kerap menjadi favorit juara Grand Tour. Misalnya saja saat turun di Giro d’Italia. Dia masuk deretan pebalap sepeda favorit karena hadir berbekal kemenangan dalam Tour of the Alps pada 18–22 April.

Selain itu, dia juga tampil mengesankan pada awal lomba, namun terpaksa mundur dari balapan di etape 13 karena masalah perut .

Adapun di Tour de France, Bardet kali terakhir tampil pada 2020 ketika berseragam AG2R La Mondiale dan gagal menyelesaikan lomba setelah mengalami mengalami gegar otak dalam kecelakaan berat di etape 13.

Pencapaian terbaik Bardet di Tour de France terjadi pada 2016 ketika menyelesaikan lomba pada posisi kedua klasifikasi umum. Satu tahun kemudian, dia finis posisi ketiga.

Selain itu, dia juga menjadi pemenang untuk klasifikasi gunung pada Le Tour, sebutan Tour de France pada 2019.

Baca juga: Yogyakarta tuan rumah puncak ajang balap sepeda Il Festino Indonesia

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022