Ringkasan Piala FIBA Asia: Lebanon susul Korsel ke perempat final

Jakarta (ANTARA) – Tim nasional Lebanon menyusul Korea Selatan ke babak perempat final Piala FIBA Asia 2022 setelah kembali mendulang kemenangan dalam pertandingan mereka yang berlangsung di hari keempat turnamen, Jumat.

Menutup rangkaian pertandingan Jumat di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, jakarta, Lebanon sukses membuktikan keluwesan mereka dalam menerapkan pendekatan serangan untuk melucuti Selandia Baru 86-72.

Dalam tiga kuarter pertama, Lebanon harus bertumpu pada kemampuan mereka menembus area dalam pertahanan Selandia Baru sebelum mengubahnya jadi hujan tripoin di periode pemungkas.

Lebanon mengkonversi tujuh dari 11 percobaan tripoin sepanjang kuarter keempat, akurasi yang melonjak jauh dibandingkan tiga dari 15 tembakan di periode sebelumnya.

Hasil ini sekaligus memastikan Lebanon menjadi juara Grup D dengan raihan sementara empat poin di atas Selandia Baru dan Filipina yang sama-sama mengoleksi tiga poin.

Baca juga: Lebanon bekap Selandia Baru demi lanjutkan tren positif

Lebanon tidak akan tergusur dari kedua tim itu bila pun mereka kalah di laga pemungkas, sebab keunggulan head-to-head atas Selandia Baru maupun Filipina.

Filipina yang main lebih awal sempat merasakan puncak klasemen Grup D selama beberapa jam setelah menang atas India dengan skor 101-59.

Filipina kini menempati urutan ketiga, sedangkan India dipastikan gagal melangkah ke babak selanjutnya sebagai juru kunci Grup D.

Baca juga: Filipina menang perdana dengan skor telak 101-59 atas India

Di Grup C Jepang dan Iran sama-sama mengantungi kemenangan kedua masing-masing.

Iran lebih dulu mengalahkan Kazakhstan 96-60, diikuti Jepang yang melumat Suriah 117-56.

Kedua tim sama-sama mengoleksi empat poin dan Jepang duduk di puncak karena unggul selisih total angka dibandingkan Iran.

Baca juga: Giliran Suriah jadi korban Akatsuki Five di FIBA Asia Cup 2022

Baca juga: Iran dikte Kazakhstan untuk puncaki klasemen Grup C FIBA Asia Cup

Berikut ringkasan hasil pertandingan Piala FIBA Asia 2022 sepanjang hari Jumat:

(C) Iran 96 – Kazakhstan 60

(D) Filipina 101 – India 59

(C) Jepang 117 – Suriah 56

(D) Lebanon 86 – Selandia Baru 72

Klasemen sementara



Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022