Rentetan kejuaraan internasional yang mulai menggeliat di Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Indonesia terus menjadi pantauan internasional setelah rentetan kejuaraan internasional kembali digelar dan yang saat ini berlangsung adalah World Surfing League (WSL) Championship Tour 2022 di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi yang dibuka Menpora Zainudin Amali, Jumat.

Sebelum kejuaraan yang diikuti peselancar kelas dunia itu berdasarkan data yang dihimpun media di Jakarta, Sabtu, Indonesia menjadi tuan rumah Superbike dan MotoGP yang keduanya berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Saat ini kami sedang menggalakkan sport tourism dan sport industry sebagai pengembangan industri Tanah Air. Hal ini sebagai bentuk pelaksanaan arahan dari Presiden Joko Widodo untuk menarik sebanyak mungkin kegiatan olahraga internasional dapat diselenggarakan di Indonesia,” kata Menpora Amali sebelumnya.

Setelah WSL yang diikuti peselancar terbaik Indonesia saat ini, Rio Waida sudah menunggu kejuaraan yang tidak kalah bergengsi yaitu dua kejuaraan buku tangkis yakni Indonesia Masters, 7-12 Juni dan Indonesia Open 2022 pada 14-19 Juni. Keduanya berlangsung di Istora Senayan, Jakarta.

Setelah itu balapan yang baru pertama kali digelar di Indonesia yakni Formula E. Sesuai dengan jadwal, balapan bakal berlangsung di Sirkuit Ancol Jakarta pada 4 Juni. Selanjutnya ada kejuaraan Asia Basket 2022 di Jakarta pada 12-24 Juli.

ASEAN Para Games 2022 akan menjadi kejuaraan multi event satu-satunya yang digelar di Indonesia tahun ini. Sesuai jadwal berlangsung di Solo, Jawa Tengah, 26 Juli hingga 6 Agustus.

Kejuaraan internasional yang berlangsung saat Kemenpora dipimpin Zainudin Amali berikutnya adalah Kejuaraan Dunia Panjat Tebing di Jakarta, di Jakarta, 24-26 September dan disusul Kejuaraan Dunia Junior Wushu di ICE BSD City, Tangerang, Desember mendatang.

Khusus untuk pertandingan lokal, pertandingan dengan menghadirkan penonton juga mulai berlangsung seperti pada laga uji coba antara Persebaya Surabaya melawan Persis Solo hingga tuan rumah Arema FC melawan PSIS Semarang.

Dengan mulai menggeliatnya kejuaraan baik level nasional dan internasional di Indonesia, Menpora Amali berharap kedepannya semakin banyak paket-paket sport tourism yang dikemas dengan lebih menarik sehingga akan menjadi destinasi wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia melalui olahraga.

Baca juga: Sandiaga apresiasi Gerakan Bersama Komunitas sukseskan MotoGP

Baca juga: 247 pebulu tangkis terbaik dunia bakal turun di Indonesia Open 2022

Baca juga: Dibuka hari ini, WSL G-Land bawa sejumlah keunikan ke peselancar dunia

Baca juga: Penyelenggaraan balap Formula E tunjukan Indonesia siap bangkit

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2022