Rebut gim ketiga dari Mavs, Warriors di ambang juarai Wilayah Barat

Jakarta (ANTARA) – Stephen Curry menuangkan poin tertinggi timnya dengan 31 poin, dan Andrew Wiggins mengganggu Luka Doncic secara defensif ketika membukukan double-double yang mengantarkan Golden State Warriors tinggal satu kemenangan lagi ke final NBA setelah menang 109-100 atas Dallas Mavericks dalam Gim 3 final Wilayah Barat, Minggu waktu setempat.

Wiggins selesai dengan playoff tertinggi selama karirnya dengan 27 poin ditambah 11 rebound, sedangkan Klay Thompson memasukkan 19 poin saat Warriors memimpin 3-0 dalam seri best-of-seven untuk mendekati satu tempat menuju final NBA untuk keenam kalinya dalam delapan musim terakhir.

Doncic mengemas 40 poin yang merupakan tertinggi dalam laga ini untuk Mavericks, tetapi membutuhkan 23 tembakan dan 17 lemparan bebas untuk mencapai angka 40 yang kedua kalinya berturut-turut dalam seri ini dan kedelapan dalam karir pascamusimnya.

Baca juga: Kembali kalahkan Mavericks, Warriors unggul 2-0 di final Wilayah Barat

Baca juga: Kevon Looney jadi buah bibir usai berkontribusi tundukkan Mavericks

Terpaut tipis pada kedudukan 48-47 setelah paruh pertama di mana tidak ada tim yang menembak dengan baik, Warriors mencetak poin dari enam pemain berbeda saat memimpin 30-21 dalam kuarter ketiga untuk membuka keunggulan dua digit. Curry mencetak 11 dari 31 poinnya dalam kuarter ini, termasuk sepasang lemparan tiga angka.

Mavericks yang bangkit dari ketertinggalan 0-2 dan 2-3 untuk balik menyingkirkan unggulan teratas Phoenix pada semifinal, mendekat sampai kedudukan 89-83 ketika waktu tersisa 7 menit 16 detik melalui dunk Davis Bertans.

Tapi Curry membalas dengan sepasang lemparan bebas dan sepasang dunk dari Wiggins yang salah satunya dia lakukan dengan terbang di atas Doncic yang sempat dianggap pelanggaran ofensif tetapi kemudian dibatalkan.

Mavericks kemudian menempel lagi pada kedudukan 104-99 berkat lemparan tiga angka Doncic dan Spencer Dinwiddie pada sisa waktu satu menit, tetapi Jordan Poole memberikan pukulan telak dengan lemparan tiga angka ketika waktu tersisa 54,2 detik sehingga selisih menganga menjadi delapan poin.

Baca juga: Bangkit tundukkan Mavericks bukti karakter Warriors, kata Curry

Curry melengkapi 31 poinnya dengan 11 assist, sementara bintang Gim 2 Kevon Looney nyaris menciptakan kembali double-double dengan sembilan poin dan 12 rebound yang merupakan rebound terbanyak dalam laga ini.

Curry memasukkan 10 dari total 20 lemparan, sedangkan Wiggins berhasil pada 11 dari 20 lemparan yang membuat Golden State unggul dalam efekivitas lemparan, 46,9 persen melawan 40,0 persen.

Draymond Green dan Poole masing-masing menyumbangkan 10 poin untuk Golden State yang membuat rekor memenangkan pertandingan tandang playoff NBA sebanyak 26 berturut-turut.

Doncic berhasil pada 4 dari 9 lemparan tiga angka dan Dinwiddie sukses pada 4 dari 10 lemparan tiga poin, tetapi Mavericks hanya unggul 39-33 dari lemparan tiga angka meskipun melepaskan 13 lemparan tiga angka lebih banyak dibandingkan dengan lawannya.

Doncic juga membuat 11 rebound untuk Mavericks, sementara Jalen Brunson menjadi pencetak poin ketiga terbanyak Dallas dengan 20 poin.

Enam pemain Mavericks lainnya total hanya membuat 14 poin, demikian Reuters.

Baca juga: Celtics kalah di Gim 3, Jayson Tatum akui bertanggung jawab

Baca juga: Spoelstra sebut Adebayo sukses gantikan peran Butler


 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022