Raja Tanah Liat bertemu Djokovic di perempat final Roland Garros

Jakarta (ANTARA) – Petenis berjuluk Raja Tanah Liat, Rafael Nadal harus menghabiskan lima set di babak 32 besar Roland Garros demi mengamankan posisinya ke perempat final yang sudah dinanti oleh peringkat satu dunia Novak Djokovic, Minggu petang waktu Paris.

Sebelum memastikan pertemuannya dengan Djokovic, Nadal terlebih dulu dihadang petenis Kanada Felix Auger-Aliassime namun sukses menuntaskan pertandingan dengan skor 3-6, 6-3, 6-2, 3-6, 6-3 di babak 32 besar.

“Tanpa diragukan lagi ia adalah petenis hebat, masih sangat muda dan punya banyak kekuatan dan mobilitas. Bagi saya, dia adalah lawan yang sangat tangguh hari ini. Tapi ini menjadi kemenangan yang sangat penting bagi saya,” kata Nadal seperti dilansir ATP Tour di laman resminya.

Baca juga: Djokovic rebut tiket perempat final Roland Garros dari Schwartzman

Dalam laga selama empat jam dan 23 menit, Nadal kehilangan set pertama untuk yang ke-11 kalinya dalam pertandingan di Roland Garros. Namun juara 13 kali itu tetap tenang dan menunjukkan mentalitas pemenang yang khas untuk maju di permukaan kegemarannya.

Dengan kemenangannya, petenis Spanyol berusia 35 tahun itu kini telah mencapai perempat final dalam 16 dari 18 penampilannya di Grand Slam di Paris.

Pada awal tahun ini, petenis peringkat lima sudah mengantongi gelar dari Australia Open di bulan Januari dan berambisi untuk memenangkan mahkota Grand Slam ke-22 untuk memperpanjang rekornya.

Calon lawannya yaitu Djokovic, terlebih dulu ke babak delapan besar setelah mengalahkan Diego Schwartzman 6-1, 6-3, 6-3.

Baca juga: Tsitsipas bidik gelar Grand Slam pertama di Paris usai gagal pada 2021

Djokovic memimpin Nadal 30-28 dalam catatan pertemuan ATP mereka. Sementara itu, Nadal juga telah memenangkan tujuh dari sembilan pertandingan mereka di Roland Garros.

“Kami saling mengenal dengan baik, memiliki banyak sejarah bersama, dan kini kami berada di Roland Garros yang mana adalah tempat favorit saya. Saya pastikan akan fokus dan mencoba yang terbaik, dan berjuang sampai akhir,” kata Nadal soal laganya kontra unggulan teratas.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022