Presiden Jokowi dan Menpora jadi saksi balapan Formula E Jakarta

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mendampingi Presiden Joko Widodo menyaksikan balapan Formula E di Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC), Ancol, Sabtu, dan menjadi saksi kelancaran pelaksanaan kejuaraan ini.

Selain Zainudin, menteri yang mendampingi Presiden Jokowi adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menaker Ida Fauziah dan Menparekraf Sandiaga Uno.

Hadir juga Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni, Co-Founder Formula E Alberto Longo, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Namun Zainudin dan para menteri tidak mendampingi Presiden Jokowi saat menyerahkan tropi kepada juara Formula E seri kesembilan Mitch Evans dari tim Jaguar TCS Racing.

Kemenangan Mitch Evans di Jakarta ternyata belum menaikkan posisinya dalam klasemen Formula E. Pebalap yang sudah familiar dengan Jakarta ini tetap pada posisi empat dengan 103 poin, sedangkan posisi puncak ditempati pebalap Mercedes-EQ Formula E Team Stoffel Vandoorne dengan 121 poin.

Baca juga: Klasemen Formula E selepas Jakarta E-Prix 2022

Usai laga seri Jakarta, persaingan menjadi juara dunia cukup ketat karena perbedaan poin antara pebalap peringkat satu hingga empat tidak terlalu jauh. Pada posisi dua ada Jean-Eric Vergne (DS Techeetah) dengan 116 poin dan posisi tiga Edoardo Mortara (Rokit Venturi Racing) dengan 114 poin.

“Sangat ketat di puncak klasemen, kita selalu lihat wajah yang sama yang berjuang memenangi balapan,” kata Stoffel Vandoorne usai balapan.

Selain menpora, pihak yang mencetak sejarah adalah seluruh pebalap. Indonesia sebagai tuan rumah jelas mendapatkan apresiasi khusus dari insan otomotif mengingat kejuaraan yang disiapkan terbilang cepat ini bisa tuntas sesuai dengan rencana.

Begitu juga dengan masyarakat Indonesia yang bisa melihat secara langsung balapan Federasi Otomotif Internasional (FIA) itu. Bisa dikatakan Formula E menjadi kejuaraan balap dengan mendatangkan banyak penonton di Jakarta setelah kasus COVID-19 mereda.

Balapan dengan banyak mendatangkan penonton sebelumnya adalah Superbike dan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Saat ini beberapa kejuaraan seperti sepak bola juga sudah mulai banyak dihadiri penonton.

Baca juga: Ketua MPR: Sukses Formula E Jakarta prestasi membanggakan

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022