PM Menteri Vietnam: SEA Games adalah kemenangan bagi semua

Hanoi (ANTARA) – Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh menyampaikan bahwa penyelenggaraan SEA Games ke-31 yang baru saja berlangsung di negara tersebut merupakan kemenangan bagi semua.

Hal tersebut disampaikannya atas nama Pemimpin Partai dan Negara Vietnam, pada penutupan SEA Games 2021 di Vietnam Asian Indoor Game, Hanoi, Vietnam, Senin malam.

Pham Minh Chinh mengatakan masyarakat Vietnam dalam beberapa hari terakhir merasa sangat terhormat dan senang untuk menyambut delegasi lebih dari 10.000 atlet, pelatih, dan wasit yang telah menghadiri SEA Games.

Sebagai negara tuan rumah, anggota ASEAN dan masyarakat internasional yang aktif dan bertanggung jawab, dengan semangat keramahan dan rasa hormat, para pemimpin Partai dan Negara Vietnam memberikan perhatian khusus pada penyelenggaraan SEA Games 2021.

Baca juga: SEA Games 2021 berakhir, bersinar bersama di panggung olahraga

Apalagi, Vietnam telah melakukan penanggulangan COVID-19 secara sungguh-sungguh untuk memastikan SEA Games yang sempat ditunda bisa berlangsung lancar.

Tak lupa, PM Vietnam menyampaikan terima kasih kepada para delegasi dari seluruh negara yang turut menyukseskan penyelenggaraan SEA Games.

Melalui SEA Games, semua atlet berupaya bermain sebaik mungkin, belajar, dan bertukar pikiran tentang budaya yang berbeda dengan sangat bersahabat sehingga kemenangan yang diraih adalah kemenangan untuk semua.

Vietnam menyampaikan perpisahan hangat kepada semua peserta dalam upacara penutupan SEA Games di Hanoi, Vietnam, yang berlangsung selama 90 menit.

Layar LED dengan panjang 580 meter dalam ruangan dipasang untuk acara tersebut dan ada panggung utama di tengah seluas 611 meter persegi. Ada juga dua panggung di samping seluas 315 meter persegi untuk menciptakan efek suara dan cahaya terbaik.

Baca juga: Nguyen Van Hung syukuri suksesnya gelaran SEA Games 2021

Ada pula pertunjukan musik yang menampilkan lagu-lagu daerah Vietnam “quan ho” , “Moi trau” , “Gia ban”, dan “Nguoi oi nguoi o dung ve.” Penyanyi kontemporer kenamaan seperti Uyen Linh, Van Mai uong, dan Duong Hoang Yen tampil di atas panggung menyemarakkan acara penutupan tersebut.

Pada SEA Games 2021 Vietnam, Indonesia menempati peringkat ketiga klasemen akhir perolehan medali dengan koleksi 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu.

Raihan tersebut jauh di bawah tuan rumah yang bercokol di posisi teratas dengan raihan 205 emas, 125 perak, dan 116 perunggu. Sedangkan posisi kedua ditempati Thailand dengan 92 emas, 103 perak, dan 136 perunggu.

Baca juga: Vietnam serahkan bendera SEA Games ke Kamboja

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022