Petinju Ilham Leoisa kembali naik ring setelah tiga tahun absen

Jakarta (ANTARA) – Petinju Indonesia Ilham Leoisa bakal kembali naik ring setelah tiga tahun absen untuk menghadapi Nuttanit Sungseavee di Max MuayThai Stadium, Pattaya, Thailand, Jumat (8/7).

Ilham Leoisa bakal bertanding selama enam ronde di kelas ringan super dalam partai tambahan dengan laga utama perebutan gelar WBC Asian Boxing Council Continental kelas ringan antara wakil Merah Putih Hebi Marapu melawan petinju Thailand Pipat Chaiporn.

Ilham kali terakhir bertanding di Jatim Park 3, Batu, Jawa Timur, 17 November 2019. Kala itu, dia mengalahkan Anthony Pangalila dengan hasil technical knockout (TKO) ronde kedua.

“Tidak akan ada rasa grogi meskipun saya sudah lama tidak bertarung di ring tinju profesional, karena di Dirgantara Boxing Camp kami berlatih setiap hari, termasuk juga melakukan simulasi pertandingan,” kata Ilham dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Prajurit TNI-AU berpangkat Prajurit Kepala ini juga mengaku telah mempersiapkan diri dengan maksimal jelang duel melawan petinju tuan rumah nanti.

“Saya merasa telah mempersiapkan diri dengan baik, dari segi fisik, mental, maupun teknik. Semua sudah diberikan oleh pelatih dan juga tim agar dalam pertandingan Jumat nanti saya bisa tampil maksimal,” ujarnya menambahkan.

Sebagai prajurit yang bertugas di Dinas Pengamanan Persandian TNI-AU, petinju kelahiran Muntok ini mendapat izin khusus dari Kepala Dinas Pengamanan dan Persandian TNI-AU Marsma TNI Bambang Juniar Djatmiko untuk bertanding di Pattaya.

Ilham pun sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan TNI-AU terhadap perkembangan karier tinju profesionalnya.

“Saya mendapat dukungan luar biasa dari kesatuan. Tidak hanya mendapat dukungan dalam bentuk vitamin dan sebagainya, tapi juga izin untuk bertanding. Maka, saya berterima kasih kepada TNI-AU dan XBC Sportech karena telah memberikan kepercayaan kepada saya,” ujar Ilham.

Sepanjang karier profesional, Ilham tercatat mengantongi sembilan kemenangan, satu kali kalah, dan satu kali imbang. Sedangkan Nuttanit Sungseavee tak terkalahkan dalam empat pertandingan profesional.

Selain partai Ilham versus Nuttanit, Pattaya Fight Night juga akan menggelar lima partai lain, termasuk tiga perebutan gelar.

Duel Nort Beauchamp kontra Chaiwat Buatkrathok akan memperebutkan sabuk juara WBC Asia Continental kelas bulu. Kemudian gelar juara WBA Asia kelas menengah super akan diperebutkan oleh Emmeric Dewaele dan Thoedsak Sinam.

Partai tambahan lainnya adalah Hamzah Farouk versus Tongthep Taeyawong dan Jon Jon Jet melawan Surat Eaim Ong.

Baca juga: Ilham “flanker” janji ko petinju asal Thailand

Baca juga: Daud Yordan pertahankan gelar usai menang TKO Panya Uthok

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022