Petenis belia Leylah Fernandez menuju perempat final French Open

Jakarta (ANTARA) – Petenis belia finalis US Open Leylah Fernandez melaju ke perempat final French Open setelah memenangi pertarungan melawan unggulan ke-27 Amerika Serikat Amanda Anisimova 6-3, 4-6, 6-3 di Paris, Minggu.

Kemenangan tersebut membuat Fernandez untuk keduanya kalinya bertahan hingga pekan kedua turnamen Grand Slam. Petenis berusia 19 tahun itu sebelumnya melaju ke final di Flushing Meadows pada 2021 lalu ketika dia kalah dari sesama petenis muda asal Inggris Emma Raducanu.

“Hari ini adalah pertandingan yang sangat sulit dan saya senang berhasil melewatinya,” katanya seperti dikutip dari Reuters, Minggu.

“Saya tahu dia akan melakukan banyak pukulan winner, tetapi saya harus menerimanya dan berusaha agar tidak frustasi. Saya sangat ingin bermain di sini dan saya senang semua yang saya dan ayah saya lakukan terbayarkan,”

Baca juga: Fernandez merasa seperti Cinderella usai final US Open

Pada pagi yang mendung dan dingin di Court Philippe Chatrier, Fernandez sudah tampil menekan sejak awal untuk mematahkan servis Anisimova dan memimpin 4-0 melalui pukulan-pukulan dropshot dan forehand yang menghancurkan.

Namun petenis berusia 20 tahun Anisimova yang dikenal dengan kekuatan serangan groundstroke itu berhasil mematahkan dua servis untuk mengubah kedudukan menjadi 3-5, tetapi tidak dapat menghentikan laju Fernandez untuk merebut set pembuka.

Setelah jeda singkat, Anisimova kembali lebih fokus dan mengontrol pertandingan lebih banyak dengan pukulan-pukulan groundstroke yang kuat dan mematahkan servis lawannya dua kali untuk memenangi set kedua.

Pada set penentuan, Anisimova sebetulnya mempunyai peluang breakpoint saat Fernandez melakukan servis pertamanya. Namun petenis Kanada itu berhasil menahannya berkat satu pukulan ace dan tiga pukulan winner.

Fernandez memastikan keunggulan di set penentu setelah mengamankan dua break krusial di gim kelima, sedangkan petenis Amerika Serikat Anisimova terlihat frustasi dan melempar raketnya.

Petenis Kanada itu kembali mematahkan servis Anisimova di gim kesembilan, mengonversi matchpoint kedua ketika pengembalian bola Anisimova gagal melewati net.

Baca juga: French Open: Iga Swiatek satu-satunya 10 besar yang masih bertahan

Baca juga: Djokovic rebut tiket perempat final Roland Garros dari Schwartzman

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2022