Pesenam Rifda fokus pemulihan sebelum kejar tiket Olimpiade Paris 2024

Jakarta (ANTARA) – Pelatih Senam Indonesia Eva Novalina mengatakan pesenam Rifda Irfanaluthfi saat ini masih fokus pada pemulihan cedera sebelum kembali bersaing untuk mengejar tiket Olimpiade Paris 2024.

“Kami sengaja mengistirahatkan Rifda beberapa bulan karena ingin fokus pada pemulihan cedera. Setelah itu, Rifda akan mulai disiapkan menuju kualifikasi Paris 2024 di Kejuaraan Dunia Senam di Liverpool,” kata Eva dalam keterangan tertulis Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di Jakarta, Rabu.

Rifda beberapa waktu lalu sempat membuat ramai jagat media sosial setelah melontarkan kritik kepada pemerintah terkait penanganan cedera atlet. Dia turut menyasar Menpora Zainudin Amali dan Presiden Joko Widodo.

Saat ini, Rifda tengah ditangani dokter Andi Kurniawan dan juga akan mendapatkan pendampingan dari Komisi Medis NOC Indonesia.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PB Persani) Ita Yuliati Irawan mengatakan pihaknya berkomitmen penuh mendukung Rifda mewujudkan impian untuk tampil di Olimpiade Paris 2024.

“Kami akan memberikan support penuh kepada Rifda agar nantinya ia bisa turun di Olimpiade Paris,” ujar Ita saat audiensi bersama Ketua KOI Raja Sapta Oktohari beserta jajarannya di Kantor KOI, Senayan, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Persani minta maaf terkait unggahan pesenam Rifda di media sosial

Dalam kesempatan ini, Rifda juga melontarkan keinginannya untuk bisa tampil di Olimpiade Paris. “Saya ingin menjadi atlet gymnastic pertama dari Indonesia yang tampil di Olimpiade Paris. Saya berkomitmen untuk bisa mewujudkannya,” kata Rifda.

Tak dapat dimungkiri, Rifda saat ini memang menjadi ikon senam Indonesia dengan berbagai prestasi yang diraih.

Dia adalah peraih perak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang untuk senam artistik kategori lantai dan telah menyumbangkan emas untuk Indonesia dalam tiga edisi terakhir SEA Games.

Terbaru, dia meraih dua medali emas pada SEA Games 2021 Vietnam untuk kategori lantai dan all around perseorangan mengalahkan pesenam Filipina berdarah Amerika Serikat Alleah Finnegan. Padahal, ketika itu kondisinya tengah cedera.

Setelah SEA Games Vietnam, Rifda bertolak ke Doha untuk tampil di Asian Championship 2022 yang menjadi salah satu turnamen mandatory menuju kualifikasi Paris 2024 yaitu Kejuaraan Dunia Senam di Liverpool, Inggris, Oktober 2022.

Meski kala itu masih dalam tahap pemulihan, Rifda tetap tampil impresif dengan masuk 10 besar.

Baca juga: Rifda Irfanaluthfi belum ingin pensiun dari senam artistik

Melihat komitmen yang ditunjukkan Rifda dan Persani, NOC Indonesia akan turut mendukung upaya Rifda menuju Olimpiade Paris 2024.

Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari berharap apa pun kebutuhan Rifda dalam menggapai impian tersebut dapat dikomunikasikan secara baik sehingga segala kebutuhan dapat terpenuhi.

“Gymnastic ini menjadi perhatian serius dari saya karena Presiden Federasi Senam Internasional (FIG) Morinari Watanabe merupakan sahabat saya, begitu juga dengan Ketua PB Persani,” kata Okto.

“Watanabe melihat penampilan Rifda di SEA Games, dan ia mengatakan kepada saya telah memiliki program spesial untuk atlet Indonesia, dan saya yakin itu tentu ditujukan untuk Rifda,” ujar Okto.

Baca juga: Rifda tak menyangka dapat medali emas kembar

Baca juga: Rifda kembali sumbang medali emas senam artistik

Baca juga: Pesenam putri Rifda Irfanaluthfi raih medali emas

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022