Peselancar Rio Waida jadi juara di Sydney Surf Pro 2022

Jakarta (ANTARA) – Peselancar Indonesia Rio Waida tampil mengesankan dengan menjadi juara Sydney Surf Pro 2022 nomor Open Mens yang bergulir di Manly Beach, Australia pada 17-24 Mei.

Pada final yang bergulir Selasa, Rio mendapatkan skor tertinggi 17,73 mengalahkan Ryan Callinan yang merupakan atlet tuan rumah dengan skor 15,70.

Berdasarkan laman resmi World Surf League, Rio lebih dulu tampil apik pada babak 16 besar hingga melesat ke semifinal. Pada fase 16 besar, atlet pembawa bendera Merah Putih pada Olimpiade Tokyo 2020 itu mampu mengalahkan peselancar Brazil Michael Rodrigues. Rio mencetak 17,80, sedangkan Rodrigues dengan 17,67.

Kemudian pada perempat final, dia bersaing dengan wakil Hawai, Brodi Sale. Dalam kesempatan ini, Rio kembali menang setelah mengantongi nilai 14,83. Sementara Sale 12,70.

Baca juga: Rio Waida juarai turnamen QS 1000 Bali Pro

Baca juga: Rio dan Ryuki Waida siap berjuang demi menembus Olimpiade Paris

Rio melanjutkan penampilan terbaiknya pada semifinal. Dia mendapat skor 13,50, mengalahkan peselancar Amerika Serikat Jett Schilling yang meraih 8,50.

Lalu, Rio berhasil menang pada laga final dan menjadi juara pada kompetisi internasional tersebut. Ia pun langsung merayakan seleberasi dengan membawa bendera Merah Putih sambil digendong berkeliling pantai.

Atas prestasi atlet Indonesia di kancah dunia, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman mengucapkan selamat.

“Selamat kepada Rio Waida yang berhasil menjadi juara pada suatu kompetisi selancar ombak bergengsi Sydney Surf Pro. Prestasi tersebut sangat membanggakan bangsa dan negara. Terima kasih atas kerja kerasnya, juga pada pelatih dan Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selancar Ombak Indonesia (PB PSOI), ” kata Marciano dalam keterangan tertulis, Selasa.

“Semoga ke depan, atlet selancar ombak Indonesia dapat terus meraih prestasi yang membanggakan,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: PB PSOI sebut Rio Waida bikin surfing naik pamor

Baca juga: Rio Waida akui semakin percaya diri di turnamen usai Olimpiade Tokyo

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022