Perez menangi drama balapan basah di Monako

Jakarta (ANTARA) – Pebalap tim Red Bull Sergio Perez meraih kemenangan pertamanya musim ini setelah menyintas drama balapan basah di Monako pada Minggu, sementara Charles Leclerc melewatkan peluang juara di kampung halamannya itu menyusul kesalahan strategi Ferrari.

Balapan seri ketujuh di kalender itu sebelumnya sempat tertunda sekitar satu jam karena hujan turun lebat jelang waktu start semula.

Start dari posisi terdepan, Leclerc kehilangan posisi pimpinan lomba setelah terlalu dini memutuskan berganti ban basah ke intermediate, merespon Perez yang melaju kencang setelah terlebih dahulu menggunakan ban berpita hijau itu.

Carlos Sainz menolak perintah Ferrari untuk ke pit dan memutuskan bertahan di luar menunggu trek mengering. Keputusan itu terbukti tepat sehingga Ferrari melakukan double stack untuk memasang ban hard kering ke mobil Sainz dan Leclerc yang terpaksa masuk pit untuk kedua kalinya.

Baca juga: Leclerc klaim pole position GP Monako

Perez diuntungkan dengan strategi undercut Red Bull itu sebelum balapan dihentikan sementara untuk kedua kalinya menyusul kecelakaan mobil Haas Mick Schumacher pada lap ke-27.

Duet Red Bull memasang ban medium setelah “pitstop gratis” sebelum balapan dilanjutkan, sedangkan Ferrari memilih ban hard untuk Sainz dan Leclerc.

Di sirkuit yang sempit dan terkenal sulit untuk melakukan overtaking itu, Perez bertahan dari gempuran rival-rivalnya sekaligus menghindarkan diri membuat kesalahan hingga menjadi yang pertama melintasi finis.

“Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan, sebagai pebalap Anda memimpikan menang di sini. Setelah balapan di kampung halaman Anda, tidak ada akhir pekan yang spesial lagi,” kata Perez dikutip laman resmi F1.

“Dengan graining, berupaya tidak membuat kesalahan, untuk menjaga Carlos di belakang tidaklah mudah. Ini hari yang sangat besar bagi saya dan negara saya,” kata pebalap Meksiko itu.

Baca juga: Leclerc tercepat di kedua sesi latihan Grand Prix Monako

Sainz dibuat frustrasi setelah tertahan mobil-mobil yang di-overlap dan harus puas finis P2, 1,154 detik berselang dan Max Verstappen melengkapi podium di mobil Red Bull kedua.

Leclerc mendapati dirinya fi P4 dan untuk pertama kalinya finis di kampung halamannya.

George Russell melengkapi lima besar untuk Mercedes di saat rekan satu timnya, Lewis Hamilton di P8.

Lando Norris mengamankan poin McLaren di P6 di depan Fernando Alonso dari tim Alpine.

Valtteri Bottas (Alfa Romeo) dan Sebastian Vettel (Aston Martin) melengkapi sepuluh besar.

Dengan hasil itu, Verstappen mempertahankan diri sebagai pemuncak klasemen dengan koleksi 125 poin, sedangkan Leclerc kini berjarak sembilan poin di peringkat dua setelah tujuh balapan. Perez membayangi di peringkat tida dengan 110 poin sebelum menuju Azerbaijan dua pekan mendatang.

Baca juga: Leclerc tak terbebani kegagalan masa lalu di Monako

Baca juga: Hamilton merasa bisa bertarung untuk menang lagi dengan Mercedes

Baca juga: Duet pebalap Red Bull diharapkan kembali finis terdepan di GP Monaco

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022