Pelajar di Surakarta terlibat dalam ASEAN Para Games 2022

Solo (ANTARA) – Wakil Ketua 1 Bidang Pertandingan penyelenggara ASEAN Para Games 2022 (INASPOC) Sapta Kunta mengatakan pelajar di Kota Surakarta, Jawa Tengah bakal turut terlibat dalam penyelenggaraan ASEAN Para Games (APG) 2022 yang berlangsung pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

Menurut dia, para pelajar akan menyaksikan seluruh pertandingan dalam pesta olahraga disabilitas terbesar di Asia Tenggara tersebut.

“Pengerahan para pelajar untuk mengedukasi. Kami sudah berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk Sekretaris Daerah Kota Surakarta, Ahyani,” kata Sapta Kunta dalam keterangan tertulis di Solo, Jumat.

Baca juga: APSF puji kesiapan Solo sebagai tuan rumah ASEAN Para Games 2022

Sementara itu, Ahyani mengatakan pihaknya memberikan kesempatan kepada pelajar untuk menyaksikan secara langsung penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022.

Menurutnya, ajang ini akan menjadi sarana edukasi untuk para pelajar.

“Nanti yang dikerahkan sekolah yang dekat arena aja. Saat jam pelajaran olahraga akan diajak ke arena untuk menonton dan ini sebagai edukasi untuk para pelajar, nanti bisa menjadi cara pembelajaran membuat karya tulis,” kata Ahyani.

Baca juga: Bendera seluruh negara peserta APG 2022 berkibar di Stadion Manahan

ASEAN Para Games 2022 akan berlangsung di bergulir di Solo Raya dan Semarang. Ajang ini diikuti 11 negara di Asia Tenggara.

Indonesia selaku tuan rumah memiliki jumlah atlet terbanyak, yakni 324 atlet. Kemudian Thailand mengirim 303 wakil.

Sisanya, Vietnam (119 atlet), Kamboja (112), Filipina (144), Malaysia (70), Myanmar (69), Singapura (37 atlet), Laos (37), Timor Leste (15 atlet), dan Brunei Darussalam dengan kontingen paling sedikit yakni 13 atlet.

Baca juga: Rekam jejak prestasi Indonesia sepanjang ASEAN Para Games

Baca juga: 14 arena cabang olahraga APG 2022 di Solo semua siap

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022