Pebalap sepeda Bernard raih perak dalam seri Nations Cup di Kolombia

Jakarta (ANTARA) – Bernard Benyamin van Aert berhasil membawa pulang medali perak dari ajang seri UCI Track Nations Cup 2022 di Cali, Kolombia, Minggu (10/7) atau Senin WIB.

Hasil ini didapat Bernard saat turun dalam nomor Omnium Putra dengan mengumpulkan total 114 poin. Dia tampil mengesankan dalam lomba yang berlangsung 100 lap dengan lintasan sepanjang 25km tersebut.

Sekadar informasi, dalam perlombaan nomor Omnium terdapat empat balapan yang berlangsung yakni scratch race, elimination race, tempo race, dan points race.

Baca juga: Tiga pesepeda Indonesia ke Kolombia demi kejar poin Olimpiade Paris

Bernard untuk scratch race mendapatkan poin 28 setelah berada di peringkat ketujuh. Kemudian tempo race, pebalap 24 tahun itu berada di posisi 10 dan mendapatan 22 poin.

Pada elimination race, Bernard menempati peringkat lebih baik di posisi keempat dan berhak atas 34 poin. Terakhir pada points race, dia berada di urutan ketiga dan mendapat 30 poin. Hasil tersebut membuatnya secara keseluruhan mengantongi 114 poin.

Pebalap sepeda asal Pontianak, Kalimantan Barat ini berada di belakang wakil Italia Matteo Donega yang pulang dengan medali emas usai mengoleksi 116 poin. Sedangkan posisi ketiga adalah atlet tuan rumah Juan E. Arango Carbaval dengan 113 poin.

Lomba di Kolombia merupakan seri terakhir dari tiga seri UCI Track Nations Cup 2022. Sebelumnya, ajang ini bergulir di Glasgow (Inggris Raya) pada 21-24 April dan Milton (Kanada) pada 12-15 Mei. Namun Indonesia tidak mengirimkan wakil pada dua seri sebelumya.

Hasil Bernard di Kolombia membuatnya mendapat 800 poin dan menempati peringkat kesembilan dalam klasemen Omnium Putra Track Nations Cup 2022.

Baca juga: Pebalap nasional ikut pemecahan Muri bersepeda Jakarta-Semarang 24 jam

Lebih dari itu, pencapaian Bernard kali ini pun menjadi modal untuk terus mengejar poin menuju Kejuaraan Dunia Track 2022 atau UCI Track World Championships di Saint-Quentin en Yvelines, Prancis, 12-16 Oktober 2022.

Sekaligus dalam rangka mengejar tiket lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Adapun dalam UCI Track Nations Cup di Kolombia, Merah Putih menurunkan tiga atlet. Selain Bernard, ada Terry Yudha Kusuma dan Ayustina Delia Priatna.

Terry bersama Bernard turun bersama pada nomor Madison Putra dan secara keseluruhan menempati posisi kesembilan. Hasil ini membuat Indonesia berada di urutan ke-22 dalam klasemen Track Nations Cup 2022 dengan 800 poin.

Sementara Ayustina berada di urutan ke-15 pada nomor Omnium Putri usai mengumpulkan 54 poin. Hasil ini membuat Ayu berada di posisi 38 dalam klasemen Track ​​​​​​​Nations Cup dengan 232 poin.

Baca juga: M. Fadli gowes bareng komunitas dalam festival Technofest10

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022