Pebalap Indonesia Ananda Rigi siap debut di seri MXGP Samota-Sumbawa

Sumbawa (ANTARA) – Pebalap Indonesia Ananda Rigi Aditya bakal melakoni debut di kelas MX2 dalam seri Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) Indonesia yang berlangsung di Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), 25-26 Juni.

Pebalap 19 tahun itu mendapat kesempatan bersaing dengan para pebalap top dunia setelah mendapat fasilitas wildcard. Dia pun tak ingin menyia-nyiakan kesempatan berharga merasakan atmosfer persaingan di pentas internasional.

“Sangat bersyukur, beruntung, dan tentunya bangga bisa mewakili Indonesia di kancah internasional. Ini adalah kali pertama saya tampil. Tentunya, saya akan berjuang dan totalitas saat berlomba nanti,” kata Ananda Rigi kepada ANTARA di Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa, Jumat.

Baca juga: Daftar pebalap seri MXGP Indonesia di Samota-Sumbawa

Sebagai pebalap debutan, mahasiswa kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya itu telah melakukan berbagai persiapan demi meraih hasil terbaik.

“Persiapan memang singkat. Namun saya terus menggenjot latihan. Bersaing di sini pasti sulit. Tetapi bagaimana pun ini adalah kesempatan saya, karena tidak semua pebalap bisa bersaing di sirkuit seperti ini,” ujar Ananda Rigi menambahkan.

 

Pebalap Indonesia Ananda Rigi Aditya bakala bersaing di kelas MX2 seri MXGP Indonesia yang berlangsung di Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), 25-26 Juni 2022. (ANTARA/HO/Dokumentasi Pribadi Ananda Rigi)

Ananda Rigi adalah salah satu pebalap motocross terbaik yang dimiliki Indonesia. Dengan usia yang masih 19 tahun, dia memiliki potensi untuk menjadi pebalap andalan Merah Putih pada masa mendatang.

Lahir pada 9 April 2003, pria asal Lamongan, Jawa Timur itu memiliki segudang prestasi. Pada 2013, dia menjadi juara nasional kelas 65cc novice.

Satu tahun kemudian menjadi juara umum pada Kejurda Jatim kelas 85cc. Prestasi membanggakan lainnya adalah menjadi juara Asia Junior MX 85cc pada 2015.

Kemudian kembali menjadi juara umum di Kejurda Jatim di kelas MX2 open pada 2016.

Baca juga: FIM dan Infront puji seri MXGP Indonesia di Samota-Sumbawa

Prestasi Ananda berlanjut dengan kembali menjadi juara nasional pada 2017 di kelas yang lebih tinggi yakni MX2 Junior.

Dia juga menyabet medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di kelas 125cc perseorangan. Tak ayal, dia pun dinilai layak untuk mendapat wildcard dan bersaing mewakili Indonesia di seri MXGP Indonesia.

Selain Ananda Rigi, Indonesia juga memiliki dua wakil lainnya di kelas MX2 melalui Diva Ismayana dan Muhammad Delvintor Alfarizi.  Sedangkan di kelas MXGP, tuan rumah punya Farhan Hendra Fahrodjie.

Semua pebalap akan mulai menjajal Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa untuk kali pertama pada sesi latihan bebas dan dilanjutkan dengan kualifikasi pada Sabtu (25/6) sebelum akhirnya berlomba selama dua race satu hari setelahnya.

Baca juga: Rangkaian agenda pebalap dalam seri MXGP Indonesia di Samota-Sumbawa

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2022