PBTI: Haornas 2022 mementum lahirkan taekwondoin potensial lewat DBON

Jakarta (ANTARA) – Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Yefi Triaji mengatakan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 menjadi momentum untuk melahirkan bibit taekwondoin potensial melalui program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Haornas kali ini momentum masyarakat olahraga dengan adanya program-program baru dari pemerintah melalui DBON dan talenta-talenta atlet bermunculan sehingga harapan pada tahun 2032 kita bicara di tingkat Olimpiade,” kata Yefi kepada ANTARA via telepon di Jakarta, Kamis.

Sesuai dengan arahan pemerintah, PBTI pun telah mulai merancang dan menjalankan berbagai program. Salah satunya dengan membangun data base yang dinamakan Taekwondo Indonesia Integrated System (TIIS).

“Seluruh pendataan atlet dari pemula hingga elite kami data. Pun demikian dengan pelatih dan wasit. Kami data dan kami buatkan program. Jadi memang kami desain,” kata Yefi menambahkan.

Baca juga: Akademisi: “Mindset” pembinaan olahraga harus diubah

Selain itu, mulai tahun ini PBTI menggalakkan kompetisi di wilayah. Dengan makin banyak kompetisi, lanjut Yefi, makin banyak atlet potensial yang terjaring.

“Dengan aplikasi data base Taekwondo Indonesia Integrated System semuanya terdata. Sentra-sentra di daerah kita perkuat dan kami harapkan pada tahun 2032 melahirkan juara di Olimpiade,” ujarnya menambahkan.

Terdekat, Yefi mengungkapkan akan bergulir Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) di lima wilayah. Wilayah 1 meliputi Aceh, Sumatra Utara, Riau, Sumatra Barat, dan Kepulauan Riau.

Kemudian Wilayah 2 ada Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung. Wilayah 3 ada di Pulau Jawa dan Wilayah 4 yakni Kalimantan dan sebagian Sulawesi.

“Lalu Wilayah 5 meliputi Maluku dan Indonesia bagian timur. Kami aktifkan kompetisi-kompetisi wilayah dan diharapkan dalam satu tahun minimal ada tiga kali kejuaraan,” ujar Yefi.

Baca juga: PBTI luncurkan platform digital Taekwondo Indonesia Integrated System

Perayaan peringatan Haornas ke-39 bakal berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Jumat dengan mengusung tema ‘Bersama Cetak Juara’.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjelaskan tema Haornas 2022 yang memiliki arti kelanjutan semangat dalam mendorong cita-cita besar prestasi bangsa melalui DBON.

“Tema peringatan Haornas tahun 2022 ini adalah Bersama Cetak Juara. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, semangatnya adalah kerja sama, kolaborasi, sinergi, sehingga tidak bisa sendiri-sendiri untuk mencetak juara,” kata Amali.

Baca juga: Taekwondoin muda Silvana Lamanda raih perak SEA Games Vietnam

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2022