PB FOBI terus persiapkan barongsai untuk PON 2024 di Aceh-Sumut

Untuk pertama kalinya, barongsai akan ada di PON

Jakarta (ANTARA) – Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI) terus mempersiapkan barongsai sebagai salah satu cabang olahraga yang dilombakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh-Sumatra Utara (Sumut).

Ketua Umum PB FOBI Edy Kusuma mengatakan pembahasan mendalam telah dilakukan dalam rapat kerja nasional (rakernas) III Tahun 2022 pada 10-11 Juni, mengusung tema “Semangat FOBI Mantap Membawa Barongsai Menuju PON XXI Aceh-Sumut 2024”.

“Untuk pertama kalinya, barongsai akan ada di PON. Ini sebuah pencapaian besar dan membanggakan. PB FOBI beserta seluruh jajaran pengurus provinsi siap untuk menyukseskan cabang olahraga barongsai di ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024,” kata Edy dalam keterangan tertulis, Senin.

Baca juga: KONI Pusat: FOBI harus buktikan barongsai adalah olahraga berprestasi

Dia juga menjelaskan sebelum pelaksanaan PON 2024, FOBI memiliki serangkaian agenda baik keikutsertaan kompetisi internasional maupun agenda pra-PON yang akan diselenggarakan tahun depan.

Tujuannya adalah meningkatkan kualitas atlet, sehingga pada PON XXI/2024 barongsai akan sukses secara prestasi.

“Kepada seluruh jajaran pengurus provinsi, dengan rendah hati saya memohon dukungannya untuk menjaga kekompakan dan kebersamaan FOBI. Mari perkuat FOBI di tengah krisis COVID-19 yang diharapkan segera berakhir. Tanpa dukungan pengprov dan jajarannya di kabupaten/kota seluruh Indonesia, maka FOBI tidak mungkin bisa maju dan berkembang,” ujar Edy.

“Dengan semangat olahraga, mari bulatkan tekad untuk terus memajukan olahraga Barongsai Indonesia, baik di dalam negeri maupun di arena mancanegara,” kata Edy menambahkan.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum (Ketum) III Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Tursandi Alwi mengatakan pertandingan barongsai harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya agar sukses penyelenggaraan dan prestasi.

Baca juga: KONI Pusat resmikan kantor sekretariat PB FOBI

Dia juga mengatakan FOBI harus mempersiapkan Technical Delegate (TD) untuk PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara.

“Salah satu yang terpenting dan perlu dipersiapkan dengan baik adalah terkait Pekan Olahraga Nasional XXI Tahun 2021 di Aceh-Sumatera Utara. Pada tanggal 24 Februari 2022, PON XXI sudah dideklarasikan di Aceh, barongsai rencananya akan dipertandingkan di Sumatera Utara,” kata Tursandi.

Hal terpenting lain yang perlu menjadi atensi FOBI adalah memastikan tata kelola organisasi FOBI dan anggotanya tertib.

Tursandi juga menyampaikan agar FOBI mendorong pembinaan olahraga melalui kompetisi rutin, berjenjang, berkesinambungan serta berkaitan dengan Sports Tourism.

Dalam melakukan pembinaan, diperlukan juga program berbasis sports science dan sports intelligence termutakhir.

Baca juga: Deklarasi PON Aceh-Sumut, Menpora bicara tolok ukur prestasi-pembinaan

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022