Para-bulu tangkis Indonesia raih enam gelar di Dubai

Jakarta (ANTARA) – Tim para-bulu tangkis Indonesia membawa pulang enam gelar juara dari ajang 4th Fazza Dubai Para Badminton International 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab, 24-29 Mei.

Pada tunggal putra SL4, Indonesia memastikan gelar juara melalui Fredy Setiawan setelah dalam final mengalahkan wakil India Tarun dengan 21-11, 9-21, 23-21.

Keberhasilan ini diikuti tunggal putri SL4 Khalimatus Sa’diyah yang menumbangkan Haruka Fujino dari Jepang dengan 21-13, 21-18.

Kemudian Indonesia menambah satu gelar juara dari nomor tunggal putri SH6 atas nama Rina Marlina setelah menaklukkan tunggal putri India, Nithya Sivan, dengan 21-13, 21-10.

Itu masih ditambah tiga gelar dari kategori ganda. Pertama, dari ganda putra SL3-SL4 Fredy Setiawan/Dwiyoko yang mengalahkan rekan senegara Hikmat Ramdani/Ukun Rukaendi dengan  21-18, 21-16.

Fredy Setiawan dan Khalimatus Sa’diyah menjadi yang terbaik pada ganda campuran SL3-SU5 setelah menumbangkan pasangan Jepang, Taiyo Imai/Noriko Itoms, dengan 21-11, 8-21, 21-17.

Ini gelar juara ketiga bagi Fredy, sementara untuk Khailmatus menjadi titel kedua pada ajang Fazza Dubai Para Badminton International ke-4 tahun ini.

Gelar keenam Indonesia disumbangkan oleh ganda campuran SH6, Subhan/Rina Marlina yang mengalahkan pasangan Thailand, Natthapong Meechai/Chai Saeyang, 21-19 dan 22-20.

Baca juga: Teges/Indah ingin kalahkan para senior di turnamen internal PBSI

“Saya bersyukur bisa merebut dua gelar juara di turnamen di Dubai ini. Tentu sangat bangga dan senang karena selama pandemi Covid-19, kami belum mengikuti turneman internasional,” kata Khalimatus Sa’diyah dalam keterangan tertulis, Senin.

Keberhasilan merebut enam medali emas di Fazza Dubai Para Badminton International ke-4 2022 direspon positif oleh pelatih Jarot Hernowo.

“Untuk pencapaian enam medali emas ini sudah sesuai target yang ditetapkan. Dalam turnamen kali ini, selain kami membawa pemain yang sudah memiliki jam terbang internasional, kami juga membawa beberapa pemain muda yang minim ajang internasional,” kata Jarot.

Para-bulutangkis Indonesia juga  runner-up dengan merebut tiga medali perak dari tunggal putra SH6 atas nama Subhan, ganda putra SL3-SL4 Ukun Rukaendi/Hikmat Ramdani, ganda putra SU5 Suryo Nugroho/Oddie Kurnia.

Tambahan tiga medali perunggu atau posisi ketiga juga diraih oleh tunggal putra SU5 Suryo nugroho, tunggal putra SU5 Oddie Kurnia dan dari ganda campuran SH6 Subhan/McVeigh.

“Keikutsertaan tim para-bulutangkis Indonesia di turnamen di Dubai ini untuk mengukur sejauh mana hasil latihan pemain yan telah menjalani pelatnas sejak bulan Januari lalu. Pemain-pemain ini dipersiapkan untuk tampil di ASEAN Para Games di Solo dan Asian Para Games di China nanti,” kata Jarot.

ASEAN Para Games (APG) ke-11 tahun 2022 dipastikan bergulir di Solo, Jawa Tengah pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022. Sebelas negara telah memastikan berlaga dalam pesta olahraga antar disabilitas negara-negara Asia Tenggara tersebut.

Tim para-bulutangkis Indonesia keluar sebagai juara umum dengan koleksi enam gelar juara, dua runner-up dan tiga peringkat ketiga, disusul Korea Selatan yang mengantongi empat gelar.

Baca juga: Tim bulu tangkis NPC Indonesia targetkan enam emas APG XI 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022