ONE Championship gandeng Lumpinee Stadium untuk globalkan muay thai

Jakarta (ANTARA) – ONE Championship menunjukkan komitmen di bidang kejuaraan seni bela diri dan kini akan membawa olahraga muay thai pada level tertinggi lewat kerja sama dengan Lumpinee Stadium yang merupakan arena serta kompetisi legendaris di Thailand.

Dengan adanya kerja sama tersebut diharapkan cabang olahraga bela diri asal Thailand ini semakin mengglobal. Apalagi sudah ada beberapa nama besar yang merupakan juara Lumpinee Stadium bertanding di ONE seperti Nong-O Gaiyanghadao, Rodtang Jitmuangnon hingga Superbon Singha Mawwyn.

CEO ONE Chatri Sityodtong dalam keterangan resminya, Selasa mengatakan kerjasama ini merupakan sebuah terobosan dan keberadaannya didukung penuh oleh Pasukan Kerajaan Thailand. Lumpinee Stadium juga merupakan kawah candradimuka bagi para atlet ‘seni delapan tungkai.’ Hanya para atlet terbaik yang dapat berkompetisi di arena legendaris tersebut.

Untuk mengglobalkan muay thai, pihak ONE Championship menyiapkan investasi sebesar 100 juta dolar AS. Jumlah itu akan digunakan untuk berbagai hal, seperti penyelenggaraan ajang, pemasaran, upah dan biaya medis untuk atlet, serta kebutuhan lainnya.

Tidak hanya tentang muay thai, Chatri juga mengumumkan perihal ajang Road to ONE yang akan di helat di 13 negara di dunia. Tujuannya adalah untuk menyaring seniman bela diri terbaik untuk unjuk gigi di pentas global ONE.

Baca juga: ONE Fight Night 2 lengkap, Bos ONE Championship janjikan kejutan

Untuk mendukung hal itu, kerja sama strategis dengan sejumlah promotor top di dunia tengah dilakukan. Saat ini, ajang pencarian talenta terbaik tersebut dipastikan hadir di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Afrika Selatan, Mongolia, Tiongkok, Rusia, Jepang, Filipina, Australia dan Thailand.

Khusus untuk Lumpinee Stadium, Chatri mengatakan jika lokasi tersebut merupakan panggung olahraga muay thai paling bergengsi di dunia, ONE akan menggelar sekitar 52 kejuaraan yang sedianya dimulai pada Januari 2023.

Menurut penuturan Chatri, event ONE Lumpinee akan dihelat setiap Jumat malam di waktu Bangkok dan menampilkan aksi keras Muay Thai, MMA, kickboxing hingga submission-grappling.

Sedangkan untuk laga ONE yang selama ini dipusatkan di Singapura, dalam rangkaian ONE Lumpinee, organisasi bela diri terbesar di dunia itu juga mengumumkan akan kembali ke Bangkok melalui ONE Fight Night 6 pada 14 Januari 2023.

Gelaran akbar yang akan di helat di Impact Arena Bangkok itu di antaranya akan menampilkan laga antara Stamp Fairtex kontra Anissa Meksen dan akan digelar dalam aturan hibrida MMA – Muay Thai. Selain itu, Juara Dunia ONE Flyweight Muay Thai Rodtang Jitmuangnon dan sang legenda Nong-O Gaiyanghadao juga disebut akan tampil berlaga.

Baca juga: Pasca ONE Fight Night 1, bakal terjadi empat laga besar

Baca juga: Ibu tuna rungu di balik sukses Demetrious Johnson dominasi MMA

Baca juga: Duel trilogi antara Xiong Jing dan Angela Lee tersaji pada 1 Oktober

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022