Olimpiade Catur hingga babak 10: Putri Indonesia rangking 17, Putra 44

Jakarta (ANTARA) – Kekalahan 1-3 dari unggulan ke-7 Amerika Serikat dalam babak ke-10 Olimpiade Catur 2022 di Chennai, India, Senin malam, membuat tim putri catur Indonesia yang sebelumnya di posisi ke-9 tergelincir ke posisi ke-17 dari 162 peserta dengan total poin 14.

14 poin yang dikumpulkan Irene Kharisma Sukandar dkk. itu sama dengan 9 tim lain dari peringkat ke-11 hingga peringkat ke-21. Adapun urutan posisi ditentukan lewat perhitungan tie break.

Putri Indonesia yang diunggulkan di peringkat ke-32 masih memiliki peluang terbuka untuk memperbaiki peringkat jika dalam babak ke-11 mampu mengalahkan tim Jerman yang sama-sama memiliki nilai 14.

Dalam babak ke-10, Indonesia harus mengakui keunggulan Amerika Serikat dengan skor 1-3. Menurut data pertandingan yang disiarkan laman resmi turnamen, putri Indonesia kehilangan poin dari kekalahan di papan kedua dan ketiga.

Baca juga: Sembilan pecatur Indonesia berlaga di Olimpiade Catur 2022

Di papan kedua, IM Medina Warda Aulia yang mengendalikan buah putih kalah dari GM Irina Krush, sedangkan di papan tiga, debutan yang belum memiliki gelar Fariha Mariroh ditundukkan IM Carissa Yip.

Satu poin yang diperoleh Indonesia dihasilkan dari permainan remis IM Irine Kharisma Sukandar dan WIM Dewi Citra Ardhiani Anastasia masing-masing dengan WGM Gulrukhbegim Tokhirjonova dan WGM Tatev Abrahamyan.

Sementara itu, di kelompok terbuka, tim Indonesia dalam babak ke-10 mencatat kemenangan 3-1 atas Malaysia.

Poin Indonesia disumbang GM Novendra Priasmoro yang turun di papan pertama dan IM Mohamad Ervan di papan ketiga. Novendra yang resmi menyandang gelar GM tahun lalu itu mengalahkan FM Zhuo Ren Lim, sedangkan Ervan menang atas CM Jun Ying Tan.

Di papan dua dan papan empat, Yoseph IM Theolifus Taher dan FM Muhamad Agus Kurniawan hanya mampu bermain remis masing-masing melawan FM Yinn Long Wong dan non master Yu Tian Poh.

Tambahan tiga poin membawa Novendra, dkk. yang menempati sieded ke-46 ke posisi ke-44 dari 186 peserta.

Baca juga: Putri Indonesia di posisi ke-9 Olimpiade Catur seusai sikat Spanyol

Di kelompok terbuka, peringkat pertama diduduki Uzbekistan dengan 17 poin, unggul tie break dari peringkat 2 Armenia yang mendulang total poin yang sama.

Peringkat ke-3 dan ke-4 diduduki tim tuan rumah India 1 dan India 2 dengan 16 poin.

Di kelompok putri, India memimpin dengan 17 poin, disusul empat tim yang mengumpulkan 16 poin, yaitu Polandia, Azerbaijan, Ukraina, dan Georgia.

Olimpiade Catur 2022 yang berlangsung dari 29 Juli hingga 9 Agustus di Chennai, India, adalah Olimpiade Catur ke-44, yang diselenggarakan oleh FIDE.

Dalam pertandingan beregu ini setiap tim terdiri dari empat pemain ditambah satu pemain cadangan.

Baca juga: GM Utut Adianto terpilih sebagai Presiden FIDE Zona 3.3 Asia

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022