Okto: Sukses SEA Games berkat atlet, stakeholder termasuk Menpora

Jakarta (ANTARA) – Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menyebut kesuksesan Kontingen Indonesia di SEA Games Vietnam adalah buah kerja keras atlet dan dukungan penuh stakeholder olahraga Indonesia termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

“Hasil ini tidak lepas dari dukungan dari semua pihak, semua stakeholder olahraga, terutama Menpora Zainudin Amali,” kata Okto dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Selasa.

Kontingen Indonesia pada kejuaraan dua tahunan yang ke-31 ini sukses finis di peringkat ketiga sesuai dengan harapan yang disampaikan Presiden Joko Widodo. Hasil ini lebih baik dibandingkan kejuaraan yang sama sebelumnya yang finis di peringkat empat.

Pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara ini, Kontingen Indonesia yang diperkuat 499 atlet yang turun di 32 cabang olahraga mengemas 69 medali emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Tim Merah Putih mengakhiri perjuangan di bawah tuan rumah Vietnam dan Thailand.

Baca juga: Klasemen SEA Games : Indonesia posisi tiga saat tuan rumah berkuasa

Baca juga: Menpora sebut hasil SEA Games Vietnam sesuai harapan Presiden dan DBON

Prestasi atlet Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam juga tidak lepas dari paradigma baru olahraga yang digaungkan. Sekarang ini, sudah ada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Semua atlet yang berangkat ke SEA Games Vietnam itu sudah terseleksi dari tim verifikasi yang targetnya memang medali. Apa yang dicapai para atlet ini membanggakan kita semua karena juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan prestasi dari SEA Games sebelumnya,” kata Okto menambahkan.

Selain itu, Okto juga menyampaikan banyak cabang olahraga prioritas dalam Desain Besar Olahraga Nasional yang meraih medali emas.

“Yang menarik adalah banyak olahraga dari nomor tim bisa mendulang prestasi memuaskan. Ini tidak terlepas dari dukungan pelatih dan ofisial. Terima kasih juga atas doa dan dukungan dari semua pihak,” pungkas mantan Ketua PB ISSI itu.

Cabang olahraga prioritas yang masuk dalam DBON adalah bulu tangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, wushu, karate, taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, dayung, senam artistik, dan pencak silat.

Baca juga: KOI sebut sudah kantongi data 3.000 atlet SEA Games

Baca juga: SEA Games 2021 Vietnam resmi ditutup

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022