NTB gelar pacuan kuda meriahkan MXGP Samota

Mataram (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menggelar pacuan kuda untuk memeriahkan Motorcross Grand Prix (MXGP) di Samota, Kabupaten Sumbawa pada 24-26 Juni 2022.

Ketua BPPD NTB, Ari Garmono, mengatakan kegiatan pacuan kuda ini merupakan upaya pemerintah untuk turut memperkenalkan kegiatan tradisional tahunan masyarakat Sumbawa di kancah nasional dan internasional melalui MXGP Samota.

“Kegiatan ini juga dapat memberikan opsi aktivitas lain kepada para penonton MXGP Samota untuk memperpanjang waktu kunjungannya di Sumbawa,” ujarnya di Mataram, Minggu.

Baca juga: Lintasan MXGP Samota Sumbawa sudah rampung

Ia mengatakan kegiatan ini digelar pada 15-22 Juni di Desa Penyaring, Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa. Panjang lintasan pacuan kuda mencapai 1,8 Kilometer dan arena balap jaraknya berdekatan dengan Sirkuit MXGP.

“Panjang arena balap-nya mencapai 1,8 kilometer dan jaraknya berdekatan dengan Sirkuit MXGP,” ucapnya.

Ari menyampaikan, maen jaran atau pacuan kuda sendiri merupakan permainan yang sangat digemari oleh penduduk lokal Kabupaten Sumbawa. Selain menjadi atraksi hiburan, juga menjadi ajang meningkatkan harga jual kuda, karena kuda yang biasanya menjadi pemenang harga jual-nya tinggi.

“Harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah,” katanya.

Baca juga: Gubernur NTB: MXGP Samota tumbuhkan investasi dan ekonomi daerah

Baca juga: Potensi penonton MXGP Samota capai 50 ribu orang

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2022