Norrie atur pertemuan dengan Djokovic di semifinal Wimbledon

Itu tidak berjalan sesuai keinginan saya sejak awal. Semua pujian untuk David, dia menggerakkan saya dan bermain sangat bagus, tetapi berkat kalian (penonton) saya berhasil tetap sabar semampu saya

Jakarta (ANTARA) – Unggulan kesembilan asal Inggris Cameron Norrie mencapai semifinal Grand Slam pertamanya ketika dia dua kali bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan petenis Belgia yang tidak diunggulkan David Goffin dalam lima set, Selasa, untuk mengatur pertemuan impian di Wimbledon dengan Novak Djokovic.

Norrie terlihat kurang baik saat pertandingan tetapi dukungan penonton membuat petenis harapan tuan rumah yang lahir di Afrika Selatan itu menemukan kekuatannya pada set kelima yang menegangkan untuk mengamankan kemenangan terbesar dalam kariernya dengan skor 3- 6, 7-5, 2-6, 6-3, 7-5.

“Saya bahkan tidak bisa berbicara, saya sangat senang bisa melalui tim yang hebat, keluarga dan teman yang hebat di sini,” kata petenis berusia 26 tahun itu, dikutip dari Reuters, Rabu.

Baca juga: Djokovic bangkit dari ketertinggalan demi tiket semifinal Wimbledon

“Itu tidak berjalan sesuai keinginan saya sejak awal. Semua pujian untuk David, dia menggerakkan saya dan bermain sangat bagus, tetapi berkat kalian (penonton) saya berhasil tetap sabar semampu saya.”

Norrie datang ke perempat final Grand Slam pertamanya dengan penuh percaya diri setelah kemenangan straight-set berturut-turut, tetapi tampak bermain kurang stabil karena pengembalian bola dan groundstroke-nya yang kurang tepat.

Dia tertinggal pada set kedua tetapi menyamakan kedudukan pada 4-4 setelah mengubah break point pertamanya dalam pertandingan dan akhirnya membuat penonton bergemuruh ketika dia mematahkan lagi servis untuk mengambil set tersebut 7-5.

Namun, keheningan kembali muncul saat dia tampaknya kehilangan semua energinya dan kemudian tertinggal 0-4 dan membiarkan set tercuri dalam hitungan menit.

Goffin, yang berusia 31 tahun berada di lapangan selama empat setengah jam untuk melewati Frances Tiafoe, Minggu, mulai terlihat sedikit lelah pada set keempat ketika Norrie meningkatkan intensitasnya sendiri dan mematahkan servis untuk kedudukan 5-3.

Baca juga: Kyrgios tekuk Nakashima dalam lima set menuju perempat final Wimbledon

Dengan penonton yang kembali bersemangat, Norrie, yang dibesarkan di Selandia Baru dan menempuh pendidikan di AS, meningkatkan kecepatan dan akurasi dari servis pertamanya dan terlihat seperti memegang kendali.

Namun, Goffin yang juga mencari tiket semifinal Grand Slam pertamanya, bertahan untuk mencapai 5-5.

Pada tiebreak yang menentukan Norrie tampak menemukan senjata ekstra melalui servisnya. Dia melakukan servis untuk mengamankan kesempatannya menghadapi unggulan teratas asal Serbia Djokovic, yang telah memenangi tiga gelar Wimbledon terakhir, di Centre Court, Jumat.

“Senang mendapatkan ini, tetapi semakin sulit,” kata Norrie.

“Aku akan menghadapi dia dan mudah-mudahan kalian bisa berada di belakangku dan aku yakin kalian akan melakukannya.”

Baca juga: Nadal lewati Van de Zandschulp ke perempat final Wimbledon

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022