Murray kalahkan Tsitsipas untuk melaju ke semifinal Stuttgart

Jakarta (ANTARA) – Mantan petenis nomor satu dunia Andy Murray mengamankan kemenangan pertama dalam enam tahun atas lawan berperingkat lima besar dengan menang 7-6(4) 6-3 atas unggulan teratas asal Yunani Stefanos Tsitsipas untuk mencapai semifinal Stuttgart Open, Jumat.

Juara Wimbledon dua kali itu meningkatkan persiapannya untuk turnamen major lapangan rumput yang akan dimulai bulan ini dengan berjuang melalui set pembuka yang ketat melawan petenis nomor lima dunia Tsitsipas sebelum mengukuhkan kemenangan di set kedua untuk menyelesaikan pertandingan.

Kemenangan, yang merupakan keberhasilan terbesar petenis Skotlandia itu berdasarkan peringkat sejak dia mengalahkan Novak Djokovic di ATP Finals 2016, itu mengantarkan pertemuan semifinal dengan petenis Hungaria Marton Fucsovics atau petenis Australia Nick Kyrgios.

“Saya pikir saya melakukannya dengan baik. Dia melakukan servis dengan luar biasa baik pada set pertama dan saya memiliki sangat sedikit peluang ketika saya kembali melawan,” kata Murray yang berusia 35 tahun, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Murray akan bertemu Tsitsipas di perempat final Stuttgart

“Tetapi ketika dia menciptakan peluang pada servis saya, saya tetap kuat. Saya memainkan tiebreak yang sangat solid dan di set kedua, saya melakukan servis dengan baik sementara dia sedikit terjatuh.”

“Begitu saya berada di reli, saya merasa seperti mendikte banyak poin jadi itu adalah penampilan yang bagus.”

Murray mengatakan bahwa dia senang mencapai kemenangan terbaik di permukaan yang disukainya.

“Saya tidak ingin mengatakan bahwa saya adalah pemain yang lebih pintar, tetapi mungkin permukaan ini cocok dengan gaya saya. Stefanos bermain baik di semua permukaan tetapi permukaan ini bekerja dengan sangat baik untuk permainan saya dan saya dapat menggunakan kekuatan saya dengan lebih baik,” ujar Murray.

Matteo Berrettini, runner-up Wimbledon 2021, sebelumnya membukukan tempat di empat besar turnamen ATP 250 itu dengan kemenangan 3-6 6-3 6-4 atas rekannya sesama petenis asal Italia Lorenzo Sonego.

Dia selanjutnya menghadapi favorit lokal Oscar Otte, yang menang walkover atas petenis Prancis Benjamin Bonzi.

Baca juga: Medvedev memulai musim lapangan rumput dengan kemenangan

Baca juga: Hadiah Wimbledon capai rekor tertinggi hingga Rp736 miliar

Baca juga: Nadal jalani perawatan kaki jelang Wimbledon

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022