Mitch Evans juarai Jakarta E-Prix 2022

Jakarta (ANTARA) – Pebalap Jaguar TCS Racing Mitch Evans keluar sebagai juara Jakarta E-Prix 2022 setelah berhasil finis di urutan pertama dalam balapan yang berlangsung di Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC), Sabtu.

Evans menyelesaikan 40 lap hanya selisih 0,733 detik dari pebalap DS Techeetah Jean-Eric Vergne, yang start di urutan pertama. Kemenangan Evans menambah catatan kemenangan usai menjuarai dua seri Rome E-Prix pada April.

“Tadi sangat panas. Senang dapat menang pada akhirnya, dan tim semua sangat senang,” ujar Evans dalam wawancara Formula E usai balapan.

Baca juga: Indonesia Raya berkumandang usai Presiden grid walk di Jakarta E-Prix

Baca juga: Vergne amankan pole position di Jakarta E-Prix 2022

Balapan Jakarta E-Prix 2022 dimulai tepat pukul 15.04 WIB. Start di urutan pertama, Vergne memimpin di tikungan pertama dengan kecepatan 25,320 detik di depan Da Costa yang hanya terpaut 0,341 detik dari rekan setimnya Antonio Felix Da Costa.

Pada Lap pertama harus berjalan dengan lebih lambat ketika kendaraan pebalap Mahindra Racing Oliver Rowland, yang terdepan dalam sesi latihan bebas pertama, Sabtu pagi, mengalami masalah yang membuat dia harus keluar dari jalur sirkuit, yang membuat safety car turun ke sirkuit.

Sekitar sepuluh menit balapan berlangsung, drama mulai terjadi di sirkuit Jakarta E-Prix 2022 di mana Mitch Evans dari Jaguar TCS Racing menggeser Vergne untuk berada di urutan pertama. Namun, hal itu tidak berlangsung lama ketika Vergne kembali mengambil alih urutan pertama.

Baca juga: Wagub: Formula E Jakarta ukir sejarah kampanyekan bebas emisi karbon

Lap ke-13 menjadi momen bagi pemuncak klasemen Formula E pebalap Mercedes-EQ Stoffel Vandoorne, yang start di urutan ketujuh, menempati urutan keenam.

Pertarungan di Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC) semakin memanas pada lap ke-15 ketika Evans kembali berhasil menyalip Vergne, sementara Edoardo Mortara dari Rokit Venturi Racing mengungguli Da Costa di urutan ketiga.

Perubahan urutan kembali terjadi pada lap ke-17 saat Vandoorne perlahan naik ke urutan kelima. Delapan lap setelahnya Da Costa berhasil merebut urutan ketiga dengan menggeser Mortara, namun hal itu tidak berlangsung lama saat Mortara kembali ke urutan ketiga.

Evans membuat kejutan di lap ke-31 dengan menyalip Vergne untuk mendapatkan urutan pertama yang bertahan hingga lap terakhir.

Podium Jakarta E-Prix 2022, yang merupakan seri kesembilan Formula E, ditempati oleh Evans pada posisi pertama, diikuti oleh Vergne dan Mortara di posisi ketiga. Sementara itu, Da Costa finis diurutan keempat dengan Vandoorne di belakangnya menutup urutan kelima terdepan.

Baca juga: Pemprov DKI optimistis Formula E dongkrak kunjungan wisman

Baca juga: Ketua Pelaksana Formula E Jakarta borong tiket lebih dari Rp1 miliar

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022