Mikey Musumeci bicara soal Bahasa Indonesia dan ONE Championship

Jakarta (ANTARA) – Petarung asal Amerika Serikat yang sedang naik daun, Mikey Musumeci, ternyata tidak hanya fokus berlaga dalam ajang tarung bebas (MMA) ONE Championship, namun juga senang mempelajari banyak budaya, termasuk Bahasa Indonesia.

Ketertarikan Mikey Musumeci kepada Bahasa Indonesia terungkap saat menjadi bintang tamu bicara siniar atau podcast, bersama Joe Rogan yang merupakan host dan pendiri dari Joe Rogan Experience (JRE) dan dianggap pionir sekaligus podcaster paling ternama di dunia saat ini.

Mikey Musumeci, sebagaimana keterangan resmi ONE Championship, Selasa, terpaksa hijrah ke Singapura untuk berlaga dalam sejumlah pertarungan. Selama di Negeri Singa itu petarung berusia 26 tahun itu tertarik kepada Bahasa Indonesia.

“Saya sudah di Singapura selama empat bulan, saya suka belajar tentang budaya dan juga Bahasa Indonesia. Saya belajar Bahasa Indonesia,” kata Mikey Musumeci.

Dalam sejumlah video yang diunggah Musumeci di Instagram, bintang AS berdarah Brazil itu memang menaruh kecintaan kepada Indonesia. Dia bahkan membuat video instruksional terkait BJJ dalam Bahasa Indonesia yang mendapat respons positif dari warganet tanah air.

Selain itu, kalimat pertama yang dia ucapkan adalah “aku sangat senang” saat diwawancara di atas panggung global ONE Championship usai meraih kemenangan atas Imanari.

Baca juga: Reinier de Ridder pertahankan gelar juara dunia ONE Championship

Dalam laga itu, sang atlet berjuluk Darth Rigatoni ini memaksa Imanari menyerah lewat kuncian rear-naked choke dalam tempo empat menit. Aksinya yang brilian itu juga membuatnya dianugerahi bonus penampilan senilai 50.000 dolar AS (Rp740 juta) oleh CEO ONE Championship, Chatri Sityodtong.

Walau belum sempat menginjakkan kakia di Indonesia, dia sudah mengenal dan bercakap-cakap dalam Bahasa Indonesia. Fakta menarik lain, dia belajar Bahasa Indonesia dari beberapa rekan hingga fitur Google Translate.

“Saya menggunakan Google Translate untuk belajar (bahasa asing) selama bertahun-tahun. Sekarang saya sedang belajar bahasa Indonesia,” lanjut Musumeci yang mengaku bisa berbahasa Portugis berkat aplikasi tersebut.

Saat ini Mikey Musumeci mengaku siap untuk kembali unjuk kemampuan dan target utamanya adalah merebut gelar juara dunia ONE Championship. Sesuai dengan jadwal bintang baru laga tarung bebas itu akan kembali naik Circle pada 1 Oktober mendatang.

“Saya akan berlaga pada 1 Oktober [30 September waktu Amerika Utara] demi sabuk Jiu-Jitsu pertama di ONE. Saya sangat merasa terhormat atas kesempatan untuk menjadi Juara Dunia pertama [di BJJ] dan saya sangat bersemangat,” kata Musumeci menjelaskan.

Dalam disiplin olahraga grappling, nama Musumeci digadang-gadang sebagai atlet BJJ dalam generasinya. Lewat permainan taktis, atlet berdarah Brazil dan Italia ini telah mengasah diri sejak usia empat tahun.

Baca juga: Moraes dan Johnson siap bikin kejutan untuk penggemar ONE di Amerika

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022