Menpora siap dukung Rio Waida agar lolos kualifikasi Olimpiade Paris

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyatakan siap mendukung atlet selancar Indonesia Rio Waida agar lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Menurut Zainudin, Rio merupakan salah satu surfer andalan yang dapat mewakili Indonesia di pentas Olimpiade sehingga pemerintah, kata dia, siap memfasilitasi segala kebutuhan Rio, termasuk untuk bertanding ke luar negeri.

“Rio menjadi salah satu harapan Indonesia agar melaju ke Olimpiade Paris. Kami jaga Rio sehingga apa yang menjadi kebutuhan Rio akan pemerintah dukung sesuai kemampuan, seperti tempat latihannya, tanding ke luar negerinya,” ujar Zainudin dikutip dari laman resmi Kemenpora di Jakarta, Selasa.

“Apa pun yang menjadi hal yang mendukung untuk pencapaian prestasinya pemerintah tentu memberikan. Karena Kemenpora memiliki kewajiban untuk itu,” tambah dia.

Baca juga: Rio Waida dan sudut pandangnya tentang Gen Z

Zainudin menambahkan bahwa Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) saat ini terus melakukan komunikasi dengan federasi-federasi cabang olahraga nasional, termasuk pengurus olahraga selancar Indonesia untuk persiapan kualifikasi Olimpiade Paris yang akan dimulai dalam waktu dekat.

Dalam kesempatan yang sama, Menpora juga meminta agar Pengurus Besar Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PB PSOI) terus melakukan pembinaan atlet usia dini guna melahirkan surfer-surfer jagoan lainnya yang dapat mewakili Indonesia di berbagai ajang internasional.

Menpora berharap federasi selancar Indonesia memunculkan lebih banyak lagi talenta-talenta yang menjadi atlet-atlet pelapis dari atlet seniornya seperti Rio. “Pokoknya jangan sampai putus,” ucap dia.

Rio sebelumnya merupakan satu-satunya surfer Indonesia yang lolos kualifikasi dan tampil di Olimpiade Tokyo 2020 ketika cabang olahraga air tersebut pertama kali dipertandingkan di pentas olahraga terbesar dunia itu.

Baca juga: Menpora: SEA Games 2021 bekal dalam persiapan menuju Olimpiade Paris

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2022