Media Centre APG 2022 fasilitasi jurnalis difabel

Kami sediakan juga fasilitas bagi difabel di ruang konferensi pers

Solo (ANTARA) – Media Centre ASEAN Para Games 2022 menyediakan sejumlah fasilitas bagi jurnalis difabel yang akan meliput pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara bagi para atlet penyandang difabel yang berlangsung di Solo, 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

“Ada wheelchair area yang disediakan bagi penyandang difabel yang menggunakan kursi roda,” kata Petugas Help Desk Media Centre APG 2022 Nike Tesalonica, di Solo, Sabtu.

Bagi penyandang tunanetra, kata dia, disediakan juga beberapa perangkat komputer (PC) yang telah dipasang aplikasi “Talkback” untuk memudahkan dalam pengoperasian perangkat.

Baca juga: INASPOC libatkan terapis tunanetra layani awak media

“Kalau total PC yang disediakan di Media Centre ini ada 50 unit. Beberapa di antaranya sudah dipasangi (aplikasi) Talkback,” katanya.

Nike menjelaskan bahwa petugas juga sudah disiapkan untuk mendampingi jika ada jurnalis difabel yang datang ke Media Centre, termasuk juru isyarat.

Selain itu, akses menuju Media Centre APG 2022 yang terletak di Lantai 5 Hotel Swiss Belinn Sari Petojo, Solo, sudah dipasang akses jalan khusus bagi penyandang difabel.

“Sudah di-install akses jalan bagi difabel agar bisa lewat,” ujar Nike ramah.

Bagi yang memerlukan relaksasi, kata dia, disediakan pula Relaksasi Room yang dilengkapi sejumlah kursi pijat dan dua tenaga pijat refleksi.

“Media Centre ini baru resmi dibuka hari ini. Tetapi, kemarin sudah banyak yang datang. Hari ini lebih banyak, ada lebih 20 orang,” katanya.

Baca juga: Wapres Ma’ruf Amin bakal hadir dan membuka ASEAN Para Games 2022

Ia menyebutkan beberapa rombongan jurnalis asing juga sudah mampir di Media Centre APG 2022, seperti dari Filipina, namun sejauh ini belum ada jurnalis difabel yang datang.

“Kami sediakan juga fasilitas bagi difabel di ruang konferensi pers. Kemarin sudah ada konferensi pers, tetapi belum ada penyandang difabel yang datang,” katanya.

Bagi yang memerlukan informasi seputar pertandingan, kata Nike, bisa langsung mengakses “apg2022.com”, laman resmi APG 2022.

Indonesia menjadi tuan rumah APG 2022 yang digelar di Solo, 30 Juli-6 Agustus 2022, dan khusus untuk cabang olahraga para renang diperlombakan di Semarang.

Kontingen Indonesia yang akan berlaga pada APG 2022 sebanyak 539 orang dari 14 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Rinciannya, 324 atlet dari 14 cabang olahraga, 14 orang manajer, 83 orang pelatih, 69 orang tenaga pendukung, satu orang CDM, dua orang wakil CDM, 16 orang anggota CDM, 10 orang psikolog, empat orang psikiater, enam orang dokter, dan 10 orang fisioterapi.

Baca juga: Menko PMK optimistis Indonesia juara umum ASEAN Para Games 2022

Baca juga: Pemerintah: Masyarakat Solo rasakan dampak dari ASEAN Para Games 2022

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022