Marquez tanpa dibebani target di Aragon

Jakarta (ANTARA) – Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez akan menjalani balapan Grand Prix Aragon pada Minggu tanpa dibebani target tapi memanfaatkan kesempatan itu untuk menilai kondisi lengannya yang masih dalam pemulihan.

Setelah mengambil jeda selama tiga bulan dari kompetisi, Marquez dinyatakan fit untuk kembali membalap akhir pekan ini di Aragon menyusul operasi keempat lengan kanannya awal Juni lalu.

Dalam sesi latihan ketiga, “siku ajaib” Marquez kembali melakukan penyelamatan gemilang ketika hampir terjatuh di tikungan terakhir Aragon.

Namun, sang juara dunia delapan kali terjatuh untuk pertama kalinya sejak membalap lagi di Tikungan 7 dan kehilangan peluang menembus sepuluh besar catatan waktu kombinasi sehingga  terlempar ke Q1.

Marquez mampu kembali melanjutkan sesi tanpa terdampak kecelakaan tersebut, turun di FP4 dan di kualifikasi. Saat memimpin catatan waktu, bendera kuning dikibarkan ketika Marquez menjalani upaya terakhirnya di Q1 sehingga gagal merebut tiket lolos ke Q2.

“FP3 sesi yang sedikit rumit dan kami mendapati crash pertama sejak kembali membalap, tapi masih ada hasil positif,” kata Marquez yang bakal start dari P13, seperti dikutip laman resmi tim.

“Menyenangkan bisa membuat penyelamatan seperti itu lagi dan kemudian di siang hari saya merasa lebih baik setelah di pagi hari saya kesulitan menemukan ritme.

Baca juga: Bagnaia berpeluang samai rekor Marquez

“Saya tidak memasang target untuk balapan ini, hanya untuk melihat apa yang bisa kami lakukan dan bagaimana tubuh ini bereaksi setelah 23 putaran. Saya menantikan itu,” kata Marquez.

Marquez yang menjadi pebalap tersukses di Aragon dengan mencatat lima kemenangan kelas premier di sana, terlibat pertarungan sengit dengan Bagnaia hingga lap terakhir di sirkuit Spanyol itu tahun lalu meski harus puas finis runner-up.

Ketika ditanya peluangnya menantang podium di Aragon, Marquez menjawab, “peluang saya satu persen. Sangat rendah.”

“Pertama, adalah karena saya sangat jauh dari kondisi fisik terbaik saya. Tulangnya telah sembuh, itu yang paling penting, tapi kondisi ototnya masih sangat jauh dari yang saya inginkan.”

“Kedua, Honda saat ini berada dalam masa sulit, dan kami jauh tertinggal dari para pabrikan lain, jadi target saya adalah mencoba finis di setiap akhir pekan mulai dari sekarang.”

Marquez akan menjalani tiga pekan yang sibuk karena Aragon menjadi awal dari triple header sebelum Jepang dan Thailand.

Baca juga: Bagnaia rebut pole GP Aragon, Ducati kuasai baris terdepan

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022