“Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament” Jateng-DIY siap digelar

Tujuan utama dari kompetisi ini adalah youth-development program, yaitu mencari bibit-bibit muda pemain bola basket 3X3 …

Sleman (ANTARA) – Supersport Sensation International (PT SSS) bekerja sama dengan PT Bank Mandiri Tbk (Persero) dan didukung PP Perbasi akan segera melanjutkan turnamen bola basket bertajuk “Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2022” seri Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Menyambut semarak peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 RI pada Agustus ini, turnamen siap beralih ke seri Jateng/DIY. Babak penyisihan kota (City Selection) seri ini akan digelar di GOR Satria Semarang pada 14 Agustus, dan dilanjutkan pada 17 Agustus 202 di Planet Futsal Jogja,” kata Direktur PT SSS Azwan Karim pada konferensi pers yang digelar di Sleman, Senin.

Menurut dia, rangkaian pertandingan dalam kegiatan ini adalah kompetisi bola basket 3X3 tingkat KU-18 dan KU-23 putra/putri yang akan terdaftar dalam agenda tahunan PP Perbasi.

Baca juga: 40 tim terbaik lolos ke Province Final Indonesia 3×3 Tournament

“Setelah seri Jabodetabek sukses digelar pada Maret 2022 di wilayah DKI Jakarta, turnamen ini telah berlanjut ke seri berikutnya, yaitu wilayah Jawa Barat pada Juni. Dalam dua seri tersebut, kompetisi ini berhasil melibatkan lebih dari 1.200 atlet-atlet bola basket 3X3 dari berbagai wilayah di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa,” katanya.

Ia mengatakan, usai pelaksanaan babak penyisihan di dua kota tersebut, kompetisi ini akan berlanjut ke tahap Final Provinsi (Province Finals), yang akan diselenggarakan di Atrium Sleman City Hall pada 20-21 Agustus 2022.

“Tujuan utama dari kompetisi ini adalah youth-development program, yaitu mencari bibit-bibit muda pemain bola basket 3X3, yang diharapkan kelak menjadi atlet nasional dan memajukan cabor bola basket 3X3 Indonesia,” katanya.

Seluruh peserta kegiatan ini akan terdaftar di FIBA 3×3 play, dan akan memperoleh poin ranking sesuai dengan prestasi yang dicapai dalam turnamen ini.

“Kami dari SSS merasa bangga dapat bermitra dengan PT Bank Mandiri dan PP Perbasi dalam penyelenggaraan turnamen ini. Kami juga berterima kasih telah mendapatkan dukungan penuh dari seluruh Pengda Perbasi wilayah Jateng dan DIY,” katanya.

Baca juga: Indonesia 3×3 Tournament ditunggu pemain muda, satu sekolah empat tim

Azwan mengatakan, berkaca terhadap jumlah kepesertaan yang cukup menggembirakan selama dua seri terakhir, pihaknya akan terus mengembangkan kerjasama dengan pihak pengda lokal Perbasi untuk meningkatkan kualitas kompetisi 3X3 tingkat nasional ini.

“Semoga dalam semangat Hari Kemerdekaan RI yang ke-77, turnamen ini dapat menyumbangkan sebuah pagelaran acara olahraga yang menampilkan sportifitas dan level kompetisi yang tinggi,” katanya.

Tournament Project Director, Chaerul Anwar Azis mengatakan, seluruh persiapan telah dilakukan dari jauh hari dengan matang untuk lokasi, perizinan dan juga kepesertaan.

“Kami bekerja sama erat dengan Pengda Perbasi lokal dalam menggaet kepesertaan, dan PP Perbasi sebagai regulator kompetisi adalah pihak yang berwenang secara penuh dalam menerapkan seluruh regulasi pertandingan, termasuk perangkat-perangkat dan ofisial yang berstandar FIBA,” katanya.

Ia mengatakan, ke depan pihaknya akan melakukan evaluasi untuk lebih melibatkan pengurus daerah Perbasi demi mendorong kepesertaan di semua kategori dan pelaksanaan kompetisi, terutama pada pelaksanaan babak penyisihan.

Baca juga: City Selection Livin Mandiri Indonesia 3×3 Tournament sajikan 480 laga

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih yang turut dalam konferensi pers secara daring mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh turnamen ini dan sangat gembira dengan digelarnya kompetisi-kompetisi level remaja putra/putri ini.

“Semoga ke depannya akan lebih banyak lagi kompetisi seperti ini dan dapat mendukung perkembangan komunitas bola basket 3X3 di Tanah Air,” katanya.

Dengan biaya registrasi sebesar Rp100 ribu, “Livin’ by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament” ini menyediakan total hadiah senilai Rp300 juta untuk seluruh pelaksanaan turnamen.

Bagi tim-tim di luar daerah yang mampu lolos ke tahap City Final, panitia pelaksana juga mengalokasikan sejumlah dana transport untuk berangkat ke Sleman dalam mengikuti tahap final provinsi.

Seiring turunnya level PPKM di Indonesia, pelaksanaan turnamen telah mendapatkan izin dari Satgas COVID 19 setempat.

Baca juga: Turnamen basket 3×3 U-23 dan tingkat sekolah siap digelar

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022