Ledecky kuasai gaya bebas 1.500 meter untuk emas kedua Kejuaraan Dunia

Saya telah berlatih keras untuk bisa berenang dengan baik dan menemukan ritme yang tepat

Jakarta (ANTARA) – Perenang Amerika Serikat Katie Ledecky menguasai penuh nomor gaya bebas 1.500 putri untuk merengkuh medali emas keduanya dalam Kejuaraan Dunia Akuatik FINA di Budapest, Senin.

Ledecky sebelumnya sudah menjuarai nomor gaya bebas 400 meter putri pada hari pembuka kompetisi, Jumat (17/6), melesat untuk emas keduanya dengan catatan waktu 15 menit dan 30,15 detik.

Atlet berusia 25 tahun itu menuntaskan lomba dengan selisih waktu lebih dari 14 detik dari pesaing terdekatnya yakni rekan senegara, Katie Grimes, yang meraih perak dan perunggu berakhir di leher perenang Australia Lani Pallister.

“Saya mencintai kolam ini, saya tahu saya telah berlatih keras untuk bisa berenang dengan baik dan menemukan ritme yang tepat,” kata Ledecky seperti dilansir Reuters, Senin.

“Saya masih punya nomor estafet, itu yang jadi agenda berikutnya sebelum berusaha mengatasi nomor 800 meter (gaya bebas). Kita lihat saja (apakah saya bisa memecahkan rekor),” ujarnya menambahkan.

Sebelumnya dalam perlombaan lebih awal, remaja Rumania David Popovici memecahkan rekor junior dunia saat ia melesat untuk emas gaya bebas 200 meter putra.

Perenang berusia 17 tahun itu jadi atlet Rumania pertama yang menyabet emas Kejuaraan Dunia FINA lewat catatan waktu satu menit 43,21 detik.

Popovici finis dengan selisih di atas satu detik dari perenang Korea Selatan Hwang Sun-woo, sedangkan juara bertahan Olimpiade asal Inggris Tom Dean harus puas di podium ketiga.

Baca juga: Budapest resmi jadi tuan rumah Kejuaraan Akuatik Dunia FINA 2022

Baca juga: Katie Ledecky tetap ratu renang terhebat sepanjang masa

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022