Leclerc klaim pole Grand Prix Italia untuk Ferrari

Jakarta (ANTARA) – Charles Leclerc menempatkan Ferrarinya di posisi start terdepan Grand Prix Italia setelah tampil tercepat di kualifikasi pada Sabtu, sementara pebalap Mercedes George Russell akan menemaninya di baris terdepan.

Leclerc, yang mengenakan livery spesial berwarna kuning untuk merayakan hari jadi Sirkuit Monza yang ke-100, menunggu hingga lap terakhirnya di Q3 untuk merebut pole kedua kalinya di Monza dan untuk kedelapan kalinya tampil tercepat di babak kualifikasi pada musim ini.

Ia mencetak lap terbaik 1:20,161 untuk mengalahkan Max Verstappen dengan margin 0,145 detik.

Meski finis kedua tercepat, sang pebalap Red Bull akan mundur lima posisi start karena menggunakan komponen power unit yang melebihi alokasi semusim.

“Saya sangat senang dengan lapnya. Sejauh ini akhir pekan berjalan baik. Semoga saya bisa mengulangi (kemenangan di Monza) 2019 besok,” kata Leclerc di depan para tifosi Ferrari.

Baca juga: Leclerc antisipasi Ferrari sulit bersaing di Monza

Leclerc tiba di Monza, Italia, dengan jarak 109 poin dari pemuncak klasemen sementara Max Verstappen setelah belum pernah memenangi balapan lagi sejak GP Austria dan hanya meraih dua podium dari 10 balapan terakhir.

Ferrari saat ini tertinggal 135 poin dari Red Bull di klasemen konstruktor dengan tujuh balapan tersisa.

Carlos Sainz sejatinya finis P3 di kualifikasi, 0,268 detik dari Leclerc, namun ia akan mundur ke P18 karena penalti terkait mesin.

Sedangkan Sergio Perez yang finis keempat untuk Red Bull, akan mundur 10 posisi. Lewis Hamilton yang finis P5 untuk Mercedes akan mundur ke barisan belakang bersama Yuki Tsunoda, demikian laman resmi Formula 1.

Oleh karena itu, George Russell akan start dari P2 meski finis kualifikasi di P6.

Lando Norris menjamin posisi start baris kedua untuk McLaren meski finis P7, dan rekan satu timnya Daniel Ricciado juga akan naik posisi setelah finis P8.

Fernando Alonso tidak mencetak waktu di Q3 untuk tim Alpine dan akan naik ke belakang Pierre Gasly dari tim AlphaTauri.

Baca juga: Hamilton terkena penalti grid karena power unit baru di Monza

Esteban Ocon dan Valtteri Bottas juga akan mendapat penalti serupa yang bakal mempengaruhi posisi start mereka meski finis P11 dan P12 di kualifikasi.

Pebalap Williams Alex Albon melewatkan balapan di Italia nanti karena menderita radang usus buntu dan digantikan oleh Nyck de Vries yang finis P13 di kualifikasi namun bakal masuk posisi 10 besar start dalam debutnya di balapan Formula 1.

Leclerc akan berharap mengulangi kesuksesannya di Monza pada 2019 dari posisi start terdepan, akan tetapi Red Bull telah membuktikan mereka mampu tampil mendominasi dan bahkan memenangi balapan meski start dari posisi belakang, seperti yang dilakukan Verstappen di Spa dua pekan lalu.

Berikut ini daftar penalti grid untuk GP Italia 2022:

Max Verstappen : 5 posisi

Esteban Ocon: 5 posisi

Sergio Perez: 10 posisi

Mick Schumacher: 15 posisi

Valtteri Bottas: 15 posisi

Kevin Magnussen: 15 posisi

Carlos Sainz: baris paling belakang

Lewis Hamilton: baris paling belakang

Yuki Tsunoda: baris paling belakang

Baca juga: Statistik Grand Prix Italia di Monza

Baca juga: De Vries gantikan Vettel di FP1 Grand Prix Italia

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022