LeBron James kini berstatus miliarder

Jakarta (ANTARA) – LeBron James resmi menjadi miliarder setelah pada Kamis waktu setempat majalah Forbes menaksir kekayaan bersih bintang Los Angeles Lakers itu sebesar 1 miliar dolar AS sehingga menjadi pemain aktif NBA pertama yang mencapai status ini.

Michael Jordan yang mempunyai kekayaan bersih 1,7 miliar dolar AS belum berstatus miliarder sampai 11 tahun setelah dia menyatakan pensiun dari basket.

Forbes memperkirakan tahun lalu James memperoleh 121,2 juta dolar AS.

Menjadi miliarder adalah prestasi yang dibicarakan James dalam wawancara dengan GQ pada 2014.

Baca juga: Lakers kalah saat James capai urutan kedua daftar pencetak angka NBA

Baca juga: LeBron James lampaui rekor Abdul-Jabbar

“Jika itu terjadi. Ini tonggak terbesar saya,” kata James saat itu, seperti dikutip Reuters. “Jelas. Saya ingin memaksimalkan usaha saya. Dan jika saya mendapatkannya, jika saya kebetulan adalah atlet miliaran dolar, ho. Hip hip hore! Oh Tuhan, saya pasti bersemangat.”

Meskipun mendapatkan gaji hampir 400 juta dolar AS selama berkarir di NBA bersama Lakers, Cleveland Cavaliers dan Miami Heat, pendapatan James di luar lapangan jauh melampaui angka itu. Forbes memperkirakan James telah mengeduk lebih dari 900 juta dolar AS dari investasi bisnis dan endorsement.

Investasi dan bisnisnya termasuk Spring Hill Company yang merupakan payung usaha yang mencakup Uninterrupted and SpringHill Entertainment; Fenway Sports Group; sebuah usaha real estate bernilai 80 juta dolar AS; dan Blaze Pizza.

Dibesarkan oleh seorang ibu mandiri di Akron, Ohio, dia menyalurkan kembali pendapatannya ke kota kelahirannya dengan membuka sebuah sekolah dan rumah jompo serta pusat komunitas yang membantu keluarga dan anak -anak.

Di lapangan, James sudah empat kali menjuarai NBA, empat kali dinobatkan sebagai MVP dan 18 kali masuk All-Star. Dia juga memenangkan dua medali emas Olimpiade.

Baca juga: Jayson Tatum raih trofi MVP final Timur NBA

Baca juga: Celtics sisihkan Heat demi tantang Warriors di Final NBA

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022