Lebih dari 1.500 peserta ikuti perayaan Olympic Day

Jakarta (ANTARA) – Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari mengatakan lebih dari 1.500 peserta mengikuti perayaan Olympic Day yang bergulir di area Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu.

Gelaran Olympic Day ini menjadi yang pertama semasa Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari menjabat sebagai ketua NOC Indonesia.

“Hari ini akhirnya bisa melaksanakan Olympic Day 2022. Karena seharusnya setiap tahun kegiatan ini dirayakan dan mendorong Olympic Movement di Indonesia, tapi sayangnya setelah dilantik kemudian pandemi COVID-19 dan akhirnya baru bisa terlaksana hari ini,” kata Okto kepada pewarta di Plaza Timur GBK, Minggu.

Okto mengaku bangga dengan antusias masyarakat Indonesia dalam perayaan Olympic Day. Berbagai kegiatan dilakukan mulai dari zumba, fun run, hingga puncaknya realokasi medali perak Olimpiade 2012 London, Inggris untuk mantan lifter Indonesia Citra Febrianti.

Citra berhak atas medali perak Olimpiade 2012 setelah dua atlet di atasnya dinyatakan positif doping oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada 25 Oktober 2018.

Baca juga: KOI siap jaga otonomi dan independensi sesuai muruah Piagam Olimpiade

Baca juga: Citra terima medali perak Olimpiade 2012 bertepatan dengan Olympic Day

Dalam kesempatan ini, Okto berterima kasih kepada semua pihak yang turut terlibat dalam kegiatan, hari ini. “Terima kasih kepada penyelenggara dan seluruhnya sehingga kegiatan ini bisa diikuti lebih dari 1.500 peserta,” ujarnya.

Okto juga menyebut bakal terus menyelenggarakan kegiatan yang sama pada tahun-tahun berikutnya. Bahkan melihat antusias kali ini, NOC Indonesia berencana merayakan Olympic Day edisi berikutnya secara serentak di Indonesia.

“Kami akan teruskan dan memberikan kesempatan kepada daerah lain untuk menyelenggarakan kegiatan yang sama. Karena Olympic Day ini diikuti para Olympian yang menjadi duta-duta pergerakan Olimpiade,” ujar Okto.

Olympic movement menjadi peran kami dalam mengedukasi masyarakat terkait Olympic values atau nilai-nilai Olimpiade,” pungkasnya.

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022